Punya Daya Tawar Raih Simpati Publik, Suara PAN Diprediksi Naik di 2024

Presiden Jokowi dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Partai Amanat Nasional (PAN) diprediksi punya peluang mendongkrak suara di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Salah satu alasannya karena parpol yang dipimpin Zulkifli Hasan itu berada di poros pendukung pemerintahan Jokowi.

Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah menganalisa langkah politik PAN yang berlabuh jadi pendukung pemerintahan sudah tepat. Menurut dia, kondisi tersebut bisa membuat PAN meraih gelombang dukungan dari mayoritas pendukung pemerintah.

“Posisi PAN berada di kelompok pemerintah bagus dalam artian ia mendapat sokongan dari mayoritas," kata Dedi kepada wartawan, Senin, 22 Mei 2023.

Menurut dia, PAN punya posisi strategis yang bisa menjadikannya sebagai parpol dengan dukungan besar masyarakat. Ia bilang PAN memiliki ideologi sebagai parpol terbuka yang memungkinkan bisa meraih simpati publik.

Bendera Partai Amanat Nasional

Photo :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Meski belum menentukan jagoan bakal capresnya, PAN dinilainya masih punya daya tawar untuk pemilih di 2024.

“Langkah terbuka bagi PAN tentu tepat, mengingat PAN bukan dominator yang punya banyak pilihan. Untuk itu daya tawar PAN justru akan membaik ketika ia tidak secara dini menentukan kandidat,” jelas Dedi.

Pun, dia menambahkan, manuver PAN juga baik mendekati Pemilu 2024. Ia menyebut PAN sebagai partai yang fleksibel antara bisa menjadi sebatas pelengkap dan juga inisiator.

“Meskipun tidak jarang justru PAN mengemuka sebagai inisiator, termasuk KIB itu adalah hasil kreasi PAN bukan yang lain," tutur Dedi.

Adapun di Pileg 2019, PAN berhasil meraih 9,57 juta atau 6,84 persen suara. PAN dapat 44 atau 7,65 persen kursi DPR RI periode 2019-2024.