Andi Bantah Akan Lengserkan Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum Jadi Ketua Umum Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Demokrat terus diterpa isu tak sedap. Kali ini, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono diserang isu akan adanya upaya untuk melengserkan Ketua Umum Anas Urbaningrum melalui kubu Andi Mallarangeng. Tapi, isu ini langsung dibantah keras Andi, mantan calon ketua umum Partai Demokrat.

"Ah, itu tidak ada. Demokrat tetap solid," kata Andi Mallarangeng yang juga Menteri Negara Pemuda dan Olahraga sebelum rapat dengar pendapat dengan Komisi X Bidang Olahraga di gedung DPR, Jakarta, Selasa 24 Mei 2011.

Andi pun menjelaskan tentang rantai kisruh yang mengaitkan Muhamamd Nazaruddin yang berakhir pemecatan sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat. Andi tegaskan, keputusan pemecatan Nazaruddin merupakan kewenangan penuh Dewan Kehormatan.

Dan menurut Andi, formasi Dewan Kehormatan diisi orang-orang yang sangat bijak dan terpandang di Demokrat. Ketua Dewan Kehormatan, SBY, Wakil Anas Urbaningrum, Sekretaris Amir Syamsuddin, dan dua anggota Jero Wacik serta EE Mangindaan.

"Semuanya orang-orang yang dianggap bijak dalam partai dan bisa jernih dalam membuat keputusan. Kami sebagai kader Demokrat tinggal menerimanya saja," kata Andi.

Jadi, apakah ada penggalangan massa Andi untuk lengserkan Anas Urbaningrum? "Tidak ada. Tidak ada," jawab Andi. Andi juga membantah ada pertemuan besok sekitar pukul delapan pagi di Cikeas. Pertemuan antara mantan tim sukses Andi saat Rapimnas Demokrat dengan SBY? "Tidak ada. Saya belum dapat undangan," singkat Andi.

Saat pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat pada Mei tahun lalu, Anas terpilih sebagai Ketua Umum dalam Kongres II Partai Demokrat. Anas mengalahkan dua kandidat kuat lainnya, Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie. Tapi, dua kandidat lainnya terakomodir dalam kepengurusan di Dewan Pembina. Andi menjabat Sekretaris Dewan Pembina dan Marzuki menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina. (adi)