Anas: Citra Saya Tak Bisa Dirusak Survei

Anas Urbaningrum (kanan) dan Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • Flickr

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menyatakan tak khawatir hasil survei akan merugikan citra dirinya. Menurut bekas karib Muhammad Nazaruddin ini, citra politisi tak akan mudah dirusak semata oleh hasil survei.

"Saya yakin citra politisi atau citra siapapun tidak bisa dirusak oleh survei," ujar Anas di Grha Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Selasa 1 November 2011. "Kalau demokrasi dan politik ditentukan hanya oleh survei, ya nanti negara jadi bukan negara demokrasi namanya, tapi negara survei."

Anas sendiri tidak merasa ada hasil survei yang membunuh karakternya di dunia politik. "Tidak, saya tidak merasa begitu," ucapnya.

Bagi Anas, survei semacam itu hanya potret tentang persepsi masyarakat saat ini saja. "Survei itu potret selintas saja. Kalau bikin survei lagi minggu depan mungkin hasilnya bisa berbeda lagi," kata mantan anggota Komisi Pemilihan Umum ini.

Belum lagi. masih kata dia, hasil survei juga tergantung metodologinya. "Jadi menurut saya, survei seperti itu tidak perlu diributkan."

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI), para politisi yang berusia di bawah 50 tahun masih bertengger di "Divisi Tiga" klasemen calon presiden 2014. Dukungan mereka rata-rata di bawah 3 persen. "Mereka adalah Anas Urbaningrum (42 tahun), Puan Maharani (38 tahun), dan Edhie Baskoro (31 tahun)," ujar Peneliti LSI Adjie Alfaraby di Jakarta, 30 Oktober 2011 lalu. (kd)