Injury Time Berdarah, Haaland Bawa Dortmund Tumbangkan Dusseldorf

Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland
Sumber :
  • twitter.com/BVB

VIVA – Borussia Dortmund bertandang ke markas Fortuna Dusseldorf dalam lanjutan Bundesliga di Merkur Spiel-Arena, Sabtu 13 Juni 2020. Dortmund datang dengan ambisi meraih kemenangan.

Sebab jika kalah, mereka harus merelakan gelar Bundesliga musim ini jatuh ke tangan Bayern Munich. Dortmund pada laga ini membawa poin 63, atau berjarak tujuh angka dari Bayern.

Tekanan ini membuat Dortmund langsung tancap gas sejak awal babak pertama. Namun, peluang pertama baru didapatkan Dortmund pada menit ke-17 melalui Achraf Hakimi.

Jadon Sancho melepaskan umpan kepada Hakimi yang mampu lepas dari kawalan pemain Dusseldorf. Namun, Hakimi gagal mencetak gol setelah Florian Kastenmeier melakukan penyelamatan hebat dan membuat gawangnya suci dari kebobolan.

Tujuh menit kemudian, Dortmund kembali mendapatkan peluang lewat Julian Brandt. Tapi, bomber 24 tahun itu yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Kastenmeier gagal mencetak gol setelah sontekannya hanya menyamping.

Sementara itu, Dusseldorf masih belum mendapatkan peluang. Mereka sibuk memperkokoh pertahanannya hingga pemain depan turun ke tengah. 

Situasi ini tak mampu dimanfaatkan Dortmund. Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta. Dortmund masih ditahan tanpa gol oleh Dusseldorf.

Pada babak kedua, Dortmund langsung mendominasi jalannya pertandingan. Namun, justru Dusseldorf yang mendapatkan peluang pada menit ke-64.

Sobottka mendapatkan bola liar di luar kotak penalti melepaskan tendangan tetapi Burki membuat penyelamatan hebat membuat gawangnya tetap aman.

Semenit kemudian, Dortmund sejatinya mampu mencetak gol melalui Guerreiro. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut karena menganggap bola sebelum masuk ke gawang mengenai tangan Guerreiro.

Setelah gol dianulir, Dortmund semakin gencar melakukan serangan. Sayangnya, waktu menunjukkan menit ke-80 kebuntuan itu belum juga terpecahkan. Tapi, Haaland yang dimasukkan pada menit ke-61 nyaris tidak menyentuh bola 

Pada menit ke-82, Dusseldorf nyaris saja memimpin setelah tembakan Skrzybski dari luar kotak penalti mampu mengecoh Burki. Untungnya, bola masih membentur tiang dan menyelamatkan Dortmund.

Ketika pertandingan akan berakhir, Dortmund akhirnya mampu mencetak gol. Adalah Erling Haaland yang datang sebagai penyelamat. Pemain asal Norwegia itu mencetak gol pada menit 90+5. Sebuah sundulan yang luar biasa tak mampu dihalau Florian Kastenmeier

Hasil ini membuat Dortmund menipiskan jarak dengan Bayern Munich. Kini, Dortmund mengoleksi 66 poin atau selisih empat angka dari Bayern. Sementara kekalahan ini membuat posisi Dusseldorf tak berubah di zona degradasi dengan poin 28

Susunan Pemain:

Fortuna Dusseldorf: Florian Kastenmeier (GK), Markus Suttner, Niko Gießelmann, Andre Hoffmann, Kaan Ayhan, Matthias Zimmermann, Valon Berisha, Kevin Stoeger, Erik Thommy (J. Zimmer 83’), Marcel Sobottka (A. Morales 81), Kenan Karaman (R. Hennings 81’).

Borussia Dortmund: Roman Burki (GK), Mats Hummels, Lukasz Piszczek, Raphaël Guerreiro, Manuel Akanji, Achraf Hakimi, Axel Witsel (Erling Haaland 61') Emre Can, Jadon Sancho, Thorgan Hazard (Giovanni Reyna 74'), Julian Brandt.