Catatan Fenomenal Leipzig, Tembus Perempatfinal UCL di Usia 11 Tahun

Pemain RB Leipzig merayakan gol ke gawang Tottenham Hotspur
Sumber :
  • twitter.com/RBLeipzig_EN

VIVA – Catatan fenomenal diraih RB Leipzig musim ini. Untuk kali pertama, Die Roten Bullen melaju ke perempatfinal Liga Champions dengan menyingkirkan finalis musim lalu, Tottenham Hotspur dengan agregat 4-0.

Ini tergolong prestasi mengesankan untuk Leipzig yang baru berusia 11 tahun. Mereka didirikan pada 19 Mei 2009. Saat itu, perusahaan minuman berenergi asal Austria, Red Bull GmbH, mengakuisisi klub kasta kelima Jerman, SSV Markranstaedt. 

Nama klub pun berubah menjadi RB Leipzig yang merupakan kepanjangan dari RassenBallsport Leipzig alias klub sepak bola lapangan rumput di Leipzig. Leipzig tak memakai Red Bull karena memang tak boleh ada nama perusahaan sebagai embel-embel klub di Jerman.

Leipzig mampu naik kasta dengan cepat. Hanya dalam tempo delapan tahun, mereka merangkak dari kasta 5 hingga ke kasta teratas atau Bundesliga. Di musim 2009/10, mereka promosi ke kasta 4. Lalu, di musim 2012/13 hanya kalah sekali dan berhasil promosi ke kasta 3.

Di musim 2013/14, Leipzig menjadi runner up kasta 3 sekaligus promosi ke Bundesliga 2. Dan akhirnya, pada 8 Mei 2016, Die Roten Bullen mengantongi tiket promosi ke kasta teratas Jerman, Bundesliga.

Sebagai tim promosi, Leipzig langsung melejit. Mereka finis sebagai runner up sekaligus mengantongi tiket ke Liga Champions 2017/18. Tampil sebagai debutan di Liga Champions, Leipzig langsung tersisih di penyisihan grup dan terlempar ke Liga Europa. Leipzig terhenti di perempatfinal, usai disingkirkan Olympique Marseille dengan agregat 3-5.

Pencapaian fenomenal baru diraih di musim 2019/20, musim kedua Leipzig di Liga Champions. Untuk pertama kali sepanjang sejarah Leipzig melaju ke perempatfinal.

Hebatnya, di babak 16 besar Leipzig menyingkirkan finalis musim lalu, Tottenham Hotspur. Menang 1-0 di Tottenham Hotspur Stadium lalu kembali menang 3-0 di Red Bull Arena, membuat mereka melenggang dengan agregat 4-0.

Di perempatfinal, Leipzig sudah ditunggu Atletico Madrid di Estadio Jose Alvalade, Jumat dini hari WIB, 14 Agustus 2020. Mampukah Die Roten Bullen melanjutkan catatan fenomenal mereka?

Baca juga:

Lawan Atletico Madrid, Ujian Perdana Leipzig Tanpa Timo Werner

5 Fakta Menarik Jelang RB Leipzig Vs Atletico Madrid

Atletico Madrid Vs RB Leipzig, Duel Pembunuh Finalis UCL Musim Lalu