On This Day: Dulu Seharga Nasi Goreng, Chelsea Jadi Klub Sultan

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich.
Sumber :
  • Evening Standard

VIVA – Titik balik dalam sejarah Chelsea terjadi pada 2 Juli 2003. Saat itu, The Blues dibeli pengusaha kaya asal Rusia, Roman Abramovich.

Chelsea pun langsung menjelma menjadi klub sultan. Abramovich dikenal royal memberikan dana pada The Blues demi membeli pemain bintang.

Status klub sultan membuat Chelsea mampu meraih sukses. Yang terbaru adalah kesuksesan menjuarai Liga Champions 2020/21.

Banyak yang tak tahu, di masa lalu Chelsea pernah mengalami masalah keuangan. Hal tersebut terjadi pada tahun 1982. The Blues bahkan dijual dengan harga yang sangat murah.

Dilansir berbagai sumber, pada 2 April 1982, pengusaha Inggris, Ken Bates memberikan penawaran kepada pemilik Chelsea sebelumnya, Brian Mears. Dia membeli Chelsea hanya dengan harga 1 pounds atau Rp20 ribu. Kira-kira hanya seharga satu bungkus nasi goreng.

Mantan Pemilik Chelsea, Ken Bates

Photo :
  • whoateallthepies

Bates memberikan penawaran yang tak bisa ditolak Mears. Dia bersedia melunasi utang klub sebesar 1,85 juta pounds atau setara Rp32,959 miliar.

Singkat cerita, Bates pun mengusung misi besar di Chelsea. Selain melunasi utang klub, dia juga membawa Chelsea kembali ke jajaran papan atas Inggris.

Di musim perdananya, The Blues nyaris saja terdegradasi dari Divisi II ke Divisi III. Di musim 1982/83, Bates memberikan dana kepada manajer John Neal untuk mendatangkan pemain berkualitas.

Maka datanglah pemain dari mulai Kerry Dixon, David Speedie, Pat Nevin, Mickey Thomas, Eddie Niedzwiecki dan Nigel Spackman. Chelsea sanggup promosi ke Divisi I atau kasta teratas Inggris saat itu.

Pada 1996, Bates mulai memasukan Chelsea ke pasar saham di Bursa Efek London alias Alternative Investment Market. Setelah itu The Blues mulai mendatangkan pemain top dunia. Gianfranco Zola, Roberto Di Matteo, Graeme Le Saux, Marcel Desailly dan Jimmy Floyd Hasselbaink bergabung ke Stamford Bridge.

Chelsea menjelma menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di Inggris. The Blues menjuarai Piala FA di musim 1996/97 dan 1999/00. Mereka juga berhasil mengantongi tiket ke Liga Champions.

Penampilan gemilang Chelsea membuat mereka dilirik investor. Dan pada 2 Juli 2003, The Blues dibeli pengusaha kaya Rusia, Roman Abramovich.

Mau tahu berapa Bates menjual Chelsea? £140 juta atau Rp2,8 triliun. Bates untung besar karena dulu hanya membeli Chelsea sebesar 1 pounds.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.