On This Day: Timnas Italia Hancurkan Penakluk Indonesia di Piala Dunia

Timnas Italia juara Piala Dunia 1938
Sumber :
  • cbc.ca

VIVA – Timnas Italia gagal melangkah ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Meskipun demikian, Gli Azzurri tetap tercatat sebagai salah satu tim tersukses di Piala Dunia.

Italia sudah empat kali juara Piala Dunia. Raihan ini sejajar dengan Jerman dan hanya kalah dari Brasil yang sudah lima kali juara.

Salah satu sejarah manis Italia terjadi di Piala Dunia 1938. Gli Azzurri tercatat sebagai tim pertama yang mampu back-to-back alias mempertahankan gelar.

Dilansir situs resmi FIFA, Italia bertemu Timnas Hungaria dalam laga final di Stade Olympique de Colombes, Paris, Prancis, 19 Juni 1938. 

Dalam perjalanan ke final, Hungaria sempat menaklukkan Timnas Indonesia yang menggunakan nama Hindia Belanda. Hungaria menang 6-0 di babak pertama. Hingga kini, inilah satu-satunya penampilan Indonesia di Piala Dunia.

Tim Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Photo :
  • Youtube/FIFA TV

Hujan gol terjadi dalam duel di Prancis. Italia mampu unggul cepat di menit keenam lewat Gino Colaussi. Hanya berselang dua menit, Pal Titkos membuat Hungaria menyamakan kedudukan.

Namun, sepertinya hanya itu perlawanan yang bisa diberikan Hungaria. Giovanni Ferrari dan Giuseppe Meazza menjadi motor serangan yang menjadi kreator gol Italia.

Dua pemain tersebut menjadi di balik terciptanya gol Silvio Piola di menit 16. Di menit 35, Colaussi mencetak gol keduanya. Ini tak lepas dari peran Meazza dan Ferrari yang membuat Colaussi dalam posisi tak terjaga.

Kapten Hungaria, Gyorgi Sarosi mencetak gol di menit 70. Namun, gol kedua Piola di menit 82 menamatkan perjuangan Italia. Tendangan keras kaki kiri Piola memperdaya kiper Hungaria Antal Szabo.

Skor 4-2 untuk Italia. Italia pun memastikan gelar Piala Dunia untuk kali kedua secara beruntun.

Italia harus menunggu 44 tahun untuk menunggu gelar ketiga. Gli Azzurri baru juara dunia lagi pada 1982. Berselang 24 tahun, Italia merebut gelar keempat pada 2006.

Baca berita On This Day lainnya dalam tautan ini.