Daftar Tim yang Lolos Perempatfinal Liga Champions: Arsenal Kembali, Tim Italia Merana

Pemain Arsenal, Kai Havertz
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA – Babak 16 besar Liga Champions 2023/2024 sudah menuntaskan seluruh pertandingannya pada Kamis 14 Maret 2024.

Hasilnya, sebanyak delapan tim sudah menentukan tempat di babak perempat final atau babak delapan besar. Dan tim-tim yang lolos masih berisi tim-tim langganan. Namun, ada satu nama yang setelah lama menghilang, akhirnya mampu kembali ke babak ini.

Di perempat final Liga Champions 2023/24, dominasi tim asal Spanyol masih begitu terasa. Mereka meloloskan tiga wakil, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid

Khusus Atletico, kelolosan mereka bisa dibilang dramatis. Tertinggal 0-1 di leg pertama, mereka bangkit dan sukses menghajar Inter Milan dengan skor 2-1 di leg kedua. Mereka pun memastikan kelolosan lewat babak adu penalti.

Dengan kekalahan ini, dipastikan tidak ada wakil Serie A di babak perempatfinal.

Satu tim yang akhirnya kembali ke perempat final Liga Champions, setelah lama absen adalah Arsenal. Terakhir kali, Arsenal melaju ke perempat final ajang ini pada musim 2009/10 silam. 

Setelah itu, mereka selalu terhenti di 16 besar.Uniknya, lawan yang terakhir kali mereka kalahkan sebelum lolos ke delapan besar Liga Champions 2009/10 adalah Porto. Musim ini, hal itu kembali terulang usai mereka menang atas Porto via adu penalti.

Undian untuk menentukan lawan di perempat final Liga Champions 2023/24 akan berlangsung pada Jumat (15/3/2024), pukul 18.00 WIB. 

Leg pertama akan berlangsung pada 9 dan 10 April, sedangkan leg kedua berlangsung 16 dan 17 April.

Berikut adalah deretan tim yang sukses lolos ke perempat final Liga Champions 2023/24:

- Bayern Muenchen
- Paris Saint-Germain (PSG)
- Real Madrid
- Manchester City
- Arsenal
- Barcelona
- Borussia Dortmund
- Atletico Madrid