Ditekuk Australia, Indonesia Angkat Koper

Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • VIVAnews/Luzman Rifqi

VIVAnews - Indonesia kembali menelan kekalahan di Kualifikasi Piala Asia U-16 2012 setelah kalah 2-5 dari Australia, Kamis 22 September 2011. Tim Garuda Muda hanya mampu finish di posisi ketiga klasemen Grup G dengan 9 poin.

Bertanding di Stadion Rajamangala, Thailand dan disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, Timnas U-16 tak mampu mengimbangi gempuran pemain-pemain Australia.

Pasukan Indra Syafri tersebut sudah tertinggal 0-1 saat laga baru berjalan 3 menit. Gol pembuka Australia dicetak oleh Taylor James. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan saat Muamad Hargianto mampu menjebol gawang Australia pada menit 9.

Hanya selang semenit, tim lawan berbalik unggul lewat gol Aaron Robert Calver. Australia semakin memperlebar jarak melalui titik putih penalti Reece John pada menit ke-39. Hingga turun minum Australia unggul 3-1 atas Indonesia.

Di babak kedua, Indonesia mencoba memperbaiki penampilannya. Namun Australia justru merubah skor menjadi 4-1 lewat gol Hyuga Tanner menit ke-63.

Indonesia sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 lewat gol Ichsan Hari pada menit ke-66. Namun Australia kembali berhasil menyempurnakan kemenangannya menjadi 5-2 lewat gol kedua Taylor James pada menit ke-78.

Kekalahan ini membuat Indonesia harus puas berada di urutan ketiga klasemen akhir Grup G dengan 9 poin. Sedangkan Australia naik ke urutan kedua dengan 12 poin. Di urutan pertama dihuni oleh Thailand dengan 15 poin.

Indonesia gagal ke babak 16 besar setelah di pertandingan lainnya, Laos sukses menekuk Taiwan 5-0 di Grup F. (sj)