2 Bulan Shin Tae-yong Pimpin Timnas, Ini Kata Menpora

Shin Tae yong
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali, menilai kinerja Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia terbilang cukup baik. Sebab, dia fokus membenahi penggawa Garuda untuk bisa tampil maksimal. Dan itu dimulai dari fisik.

Selama ini, fisik menjadi permasalahan utama yang dialami Tim Merah Putih. Mereka kerap kedodoran saat laga memasuki paruh kedua.

Baca juga: Jadi Begini Kronologi Arteta Terpapar Corona COVID-19

Bahkan, yang lebih mengejutkan, Shin Tae-yong sendiri belum lama ini mengungkapkan jika stamina pemain Indonesia hanya kuat selama 20 menit saja. Tentu, hal tersebut sangat riskan lantaran kondisi fisik pemain tak sampai satu babak.

Melihat kinerja pelatih asal Korea Selatan, Zainudin menyebut sudah berada di trek yang benar. Menteri 57 tahun itu melihat dari program yang telah dijalani Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

"Saya kira dia (Shin) tahu kelemahan anak-anak. Dari awal kan saya sudah bilang bahwa pelatih Korsel ini keras. Kita harus memahami itu, kalau mau bagus ya harus bisa mengikutinya," kata Zainudin kepada wartawan.

"Sekarang dia belum masuk ke taktik, baru fisik saja kan. Karena waktu berbicara di awal, dia sadar betul kalau kelemahan Timnas itu ada di daya tahan fisik. Skill tidak kalah, tapi kalau fisik sudah anjlok, mental juga ikut rusak," lanjutnya.

Zainudin mengaku menaruh kepercayaan penuh pada Shin Tae-yong. Apalagi, juru taktik 50 tahun itu sudah membuktikan kinerjanya saat masih menangani Timnas Korea Selatan.

"Kan sudah ada buktinya, dia bisa membawa Korea mengalahkan Jerman (di Piala Dunia 2018)," jelas dia.