Cuitan Syed Saddiq, Muncul #GanyangMalaysia dan #ShameOnYouMalaysia

Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman
Sumber :
  • instagram

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq, mendapatkan banyak kritik dari warganet Indonesia. Sebabnya, tak ada kata maaf yang dituliskan saat dia membalas cuitan warganet terkait insiden pengeroyokan suporter Indonesia oleh pendukung Malaysia.

Suporter Indonesia mengalami intimidasi dan jadi korban kekerasan saat memberi dukungan kepada Timnas Indonesia di Stadion Bukit Jalil dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu, 19 November 2019. Salah satunya terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial.

Mendapat desakan untuk minta maaf, Syed Saddiq melalui Twitter cuma memberi penegasan telah meminta kepolisian Malaysia menyelidiki kasus tersebut. Dan itu membuat warganet Indonesia tidak puas.

Salah satu yang vokal menentang Syed Saddiq adalah komedian Arie Kriting. Dia membandingkan perlakuan Menpora Indonesia sebelumnya, Imam Nahrawi yang langsung meminta maaf usai pendukung Malaysia diintimidasi di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), 5 September 2019.

"Segini saja penyikapannya? Memang kelihatan meremehkan bangsa Indonesia saja mereka ini sih. Giliran jadi korban, minta disikapi sedemikian rupa. Sampai Menpora kita ketemu langsung. Giliran orang kalian yang biadap, cuma suruh orang kita buat laporan. You memalukan lah," tulis Arie Kriting.

Selebriti lainnya yang juga kesal dengan sikap Syed Saddiq adalah Darius Sinathrya. Dia meminta agar permintaan maaf dilontarkan, agar masalah ini bisa segera diselesaikan.

“Saya menuntut anda @SyedSaddiq minta maaf secara resmi dan terbuka pada korban dan masyarakat Indonesia! Redam bara ini dengan bijak. Acuh sama saja anda membiarkan bara berkobar! Jangan caper jika satu hari kejadian ini berbalik!”

Warganet yang kesal dengan sikap Syed Saddiq pun ramai menggunakan tagar #GanyangMalaysia dan #ShameOnYouMalaysia sebagai bentuk kecaman. (ase)