Menit 59, Vietnam Tambah Derita Timnas Indonesia U-22

Laga final sepakbola SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam U-22
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

VIVA – Timnas Indonesia U-22 menghadapi Vietnam U-22 dalam laga final cabang olahraga sepakbola putra SEA Games 2019, di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa 10 Desember 2019. Untuk sementara, Vietnam mampu mengungguli Indonesia 2-0.

Selepas kick off, Indonesia langsung mengambil inisiatif penguasaan bola. Sedangkan Vietnam coba tampil disiplin dalam menjaga area pertahanan..

Laga memasuki menit ke-6, Indonesia nyaris membuka skor. Akan tetapi, eksekusi tendangan bebas yang diambil Zulfiandi masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam.

Vietnam mulai bisa lepas dari tekanan Indonesia. Pada menit 10, Vietnam memiliki peluang. Namun, sepakan jarak dekat yang dilepaskan Ha Duc Chien masih bisa diblok Andy Setyo.

Ha Duc Chien benar-benar merepotkan lini belakang Indonesia. Di menit 15, sepakannya hampir saja membobol gawang Indonesia. Beruntung, Nadeo Argawinata bisa meninjunya dengan sempurna.

Nasib apes menimpa Indonesia pada menit 21 setelah Evan Dimas Darmono mengalami cedera akibat dijegal oleh Doan Van Hau. Evan pun terpaksa ditarik keluar dan memasukkan Syarian Abimanyu.

Pada menit 40, Vietnam berhasil memecah kebuntuan melalui situasi bola. Sundulan Doan Van Hau mengarah deras ke dalam gawang Nadeo Argawinata.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Indonesia coba melakukan serangan sporadis untuk menyamakan kedudukan. Namun hingga wasit meniup pelut panjang tanda turun minum, Vietnam mengungguli Indonesia dengan skor 1-0.

Usai jeda, Indonesia coba melakukan perubahan formasi dengan memasukkan Egy Maulana Vikri untuk menambah daya gedor. Sedangkan Vietnam tetap tampil disiplin seperti di babak pertama.

Namun, permainan menyerang yang diterapkan Indonesua berbuah petaka. Pada menit 59, Vietnam sukses menggandakan keunggulan setelah tendangan Do Hung Dung tak mampu digagalkan oleh Nadeo Argawinata.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-22: Nadeo Argawinata (GK); Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Evan Dimas Darmono (Syahrian Abimanyu 25'), Zulfiandi, Witan Sulaeman (Egy Maulana Vikri 46'), Firza Andika, Asnawi Mangkualam Bahar, Saddil Ramdani, Sani Rizki Fauzi, Osvaldo Haay.

Timnas Vietnam U-22: Nguyen Van Toan (GK); Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Duc Chien, Nguyen Trong Hoang, Ha Duc Chinh, Do Hung Dung, Nguyen Tien Linh, Nguyen Hoang Duc.