Shunsuke Nakamura, Calon Penerus Tradisi 'Samurai' Persela

Calon pemain Persela Lamongan, Shunsuke Nakamura.
Sumber :
  • VIVAnews/Rahmad Noto

VIVA – Tradisi Persela Lamongan memakai jasa pemain asing asal Jepang bakal berlanjut. Rencananya, musim ini tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu bakal mendatangkan Shunsuke Nakamura sebagai pengganti Kei Hirose.

Dari informasi yang didapatkan, Shunsuke Nakamura terakhir beralaga di Liga Latvia bersama Valmiera Glass FK. Posisinya sama dengan Kei Hirose yang hengkang ke Liga Malaysia, Johor Darul Ta'zim II. Bisa berposisi sebagai gelandang bertahan dan serang.

Manajer Persela, Yunan Ahmadi mengatakan manajemen sudah menjalin kesepakatan dengan Nakamura yang juga di dapatkan melalui rekomendasi Kei Hirose. ”Dia menjadi salah satu pemain baru  sudah terjalin kesepakatan dengan kami,” ujarnya.

Dilihat dari jejak rekamnya, Nakamura cukup menjanjikan. Punya nafas kuda seperti Kei Hirose yang musim lalu mencatatkan rekor sebagai satu-satunya pemain yang bermain penuh selama satu musim di Liga 1.

Bersama Valmiera Glass FK, Nakamura mencatatkan total bermain penuh selama 30 pertandingan dengan total waktu 2.220 menit. Rinciannya, 25 bermain sejak menit pertama dan lima laga sebagai pemain pengganti.

Bedanya, Nakamura yang berusia 25 tahun itu disebutkan punya kekuatan lebih di kaki kiri alias kidal. Jika tidak ada kendala, Nakamura bakal menjadi duet baru bagi Rafel "Rafinha"  Olivera yang musim ini diperpanjang kontraknya.
 
Selama tiga musim beruntun, Persela tak pernah lepas dari pemain Jepang. Sebelum Kei Hirose, Laskar Joko Tingkir pernah diperkuat pemain asal Negeri Samurai lainnya, Shohei Matsunaga.  

Uniknya, bersama Persela para Pangeran Samurai ini ini tampil moncer, meski jarang klub di Indonesia memakai jasa pemain dari Jepang. Termasuk Kei Hirose yang harganya naik tiga kali lipat setelah semusim bersama Laskar Joko Tingkir.