Komisi X DPR Panggil Menpora dan Ketum PSSI dalam Waktu Dekat

Plt Menpora, Muhadjir Effendy
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Komisi X DPR RI menjadwalkan pemanggilan terhadap Plt Menpora Muhadjir Effendy dan Ketua PSSI Erick Thohir dalam waktu dekat. Hal tersebut buntut kekecewaan Timnas Indonesia U20 yang dibatalkan oleh federasi sepakbola dunia FIFA untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-20.

“Dalam waktu dekat, kami akan kembali menyelenggarakan rapat kerja dengan Menpora dan PSSI untuk menyusun strategi baru ke depan, meminimalisir dampak dan kerugian dari kejadian ini," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Jumat, 31 Maret 2023.

Politikus Golkar itu memahami kekecewaan pemain Timnas U-20 Indonesia yang pada akhirnya urung berlaga di ajang internasional. Hal itu sedikit banyaknya akan berdampak bagi peningkatan prestasi cabang olahraga sepakbola Tanah Air.

"(Berdampak pada) gap pembinaan atlet, mati surinya industri olahraga, menghilangnya pendapatan atlet, hingga menggoyahkan pride bangsa Indonesia sendiri di mata dunia," ujarnya.

Selain itu Hetifah juga menekankan agar PSSI melakukan lobi maksimal terhadap FIFA terkait ancaman sanksi untuk Indonesia. Sehingga, pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA tak akan berbuntut panjang terhadap sepak bola Tanah Air.

"Semoga Timnas maupun Klub Indonesia masih bisa mengikuti kompetisi internasional di bawah naungan FIFA dan AFC," ujarnya.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong berikan instruksi ke pemainnya

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym

Lebih lanjut, Hetifah pun turut menyemangati Timnas Garuda Muda U-20 Indonesia yang batal berlaga di ajang Piala Dunia U-20 agar tetap tegar dan semangat membangun prestasi gemilang.

"Kepada anak-anakku Timnas U 20, jangan padamkan Garuda di dada kalian.Perjuangan masih panjang, tetap semangat berlatih dan mencetak prestasi di kesempatan selanjutnya," imbuhnya.