Menpora: Semuanya Harus Bantu Sepakbola

Andi Mallaranggeng di Kongres PSSI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng mengapresiasi langkah Partai Demokrat yang melakukan pembinaan sepak bola usia dini melalui Tunas Garuda. Andi berharap, banyak pihak yang akan mengikuti langkah ini.

"Kami menghargai upaya yang dilakukan Anas Urbaningrum dan kawan-kawan. Upaya yang dilakukan Partai Demokrat. Sports for all. Siapa saja boleh melakukan pembinaan olahraga. Mulai dari LSM, tua-muda, sampai partai politik. Ini adalah sesuatu yang sangat kami hargai," kata Andi di kantornya, Selasa 1 November 2011.

Tunas Garuda merupakan program pencarian bakat sepak bola yang diselenggarakan Partai Demokrat. Skuad Tunas Garuda terdiri dari pemain-pemain yang lolos proses seleksi dari sembilan kota besar Indonesia, yakni Bandung, Makassar, Palembang, Semarang, Malang, Medan, Papua, Balikpapan dan Jakarta. Skuad Tunas Garuda sendiri sudah menjalani pelatihan selama dua minggu di Arsenal.

"Harapan saya semua parpol ikut membantu melakukan pembinaan olahraga. Tidak harus sepak bola, olahraga lain juga bisa," lanjut Andi yang merupakan mantan juru bicara Presiden tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menilai anak-anak Tunas Garuda patut diacungi jempol. Sebab, selama melakukan beberapa pertandingan di London, mereka berhasil menjebol gawang Arsenal.

"Selama di Arsenal Tunas Garuda bermain dua kali. Pada pertandingan pertama Arsenal U-17 menang 2-1. Pertandingan kedua melawan Arsenal U-15, Tunas Garuda menang 3-1," kata Anas.

Tak hanya itu, setelah pertandingan Arsenal juga tertarik dengan tiga pemain Tunas Garuda. Ketiga pemain tersebut adalah kiper Rangga Pratama, gelandang Dani Raharjanto dan striker Nazarul Fahmi. Arsenal pun kemudian meminjam ketiganya untuk mengikuti pertandingan persahabatan bersama klub lokal.

"Bahkan setelah program itu, kini ada dua pemain Tunas Garuda yang sekarang tinggal di Arsenal selama 6 minggu," lanjut Anas.

Menurut Anas, apa yang dilakukan Demokrat adalah ingin menunjukkan bahwa bibit sepak bola Indonesia banyak tersebar di tanah air. "Tinggal bagamana kita menggali. Tunas Garuda adalah program untuk menggali," pungkas Anas Urabiningrum.