10 April, BLI Tunjuk Tempat Sentralisasi

Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 39 pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 yang tertunda selama masa kampanye akan dijadwal ulang Badan Liga Indonesia (BLI). Namun BLI tak mau gegabah dalam menentukan tempat bagi pertandingan-pertandingan itu.

Pertarungan Persipura Jayapura vs Pelita Jaya, Minggu, 5 April 2009 menjadi partai terakhir Liga Super Indonesia (LSI) sebelum memasuki libur panjang. Pertarungan selanjutnya baru ditentukan setelah Badan Liga Indonesia (BLI) merilis jadwal baru 6 April 2009 nanti.

Tak banyak yang dapat dikorek dari BLI seputar jadwal baru nanti.
Direktur Bidang Kompetisi BLI, Joko Driyono mengatakan lanjutan putaran kedua nanti baru bisa diumumkan usai pertandingan Persipura vs Pelita, Minggu 5 April 2009.

"Idealnya seperti itu. Kami baru mengirim jadwal baru kepada klub 6 April 2009. Itu juga masih berbentuk draf," kata Joko saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 2 April 2009.

Jadwal LSI 2008/2009 mengalami gangguan akibat masa kampanye pemilu yang sedang berjalan saat ini. Akibat tak mendapat izin dari pihak kepolisian, beberapa pertandingan terpaksa dibatalkan.

Pertandingan-pertandingan ini rencananya akan dipadatkan 17 April hingga 4 Mei 2009. Untuk mengantisipasi masalah perizinan, BLI  berniat untuk tidak lagi bertumpu pada satu tempat saja.

"Rencananya pertandingan akan digelar di beberapa tempat. Namun penetapannya baru kami dilakukan 10 April 2009," kata Joko.  

Joko menambahkan, ada beberapa pertimbangan yang menjadi acuan dalam penentuan venue nanti. Namun yang paling utama adalah tetap mempertahankan kualitas pertandingan dan efisiensi pengeluaran dari klub yang bertanding.

"Selain itu, kita juga pertimbangan kita terkait tayangan langsung televisi. Semua itu akan jadi pertimbangan dalam menentukan tempat yang akan digunakan untuk sentralisasi nanti," tandas Joko.

Meski belum menetapkan daerahnya, Joko mengatakan bahwa sentraliasi akan digelar di tiga atau empat stadion saja.

Setidaknya ada empat daerah yang akan menjadi opsi bagi sentralisasi. Pertama adalah Jawa Timur. Pilihan kedua, mengkombinasikan Jawa Timur, Jakarta, dan Jawa Barat.

Sedangkan opsi ketiga menggelar sentralisasi di dua stadion Jawa Timur dan satu stadion di Jakarta atau Jawa Barat. Sedang pilihan terakhir jatuh pada dua stadion di Jawa Timur dan dua stadion di Kalimantan Timur.

"Tempat pastinya baru kami umumkan 10 April nanti," kata Joko lagi.

Bila BLI masih menutup rapat jadwal sentralisasi tidak demikian halnya untuk Copa Indonesia. Menurut Joko, seluruh pertandingan sisa untuk babak 16 besar Copa Indonesia akan diselesaikan sebelum babak pengundian babak 8 besar, 30 April 2009.

Rancangan Sisa Leg Kedua Babak 16 Besar Copa Indonesia
Persitara vs Persebaya  : 19 April 2009
Persikabo vs Persijap    : 20 April 2009
Delrtas vs Persih           : 24 April 2009
Persib vs Sriwijaya FC    : 27 April 2009