Liverpool Pakai Metode Rugby untuk Bikin Karius Tangguh

Penjaga gawang Liverpool, Loris Karius
Sumber :
  • Reuters / Phil Noble

VIVA.co.id – Liverpool menggunakan pendekatan rugby dalam melatih kipernya, terutama Loris Karius, yang baru dibeli pada musim panas lalu. Karius mendapat sesi benturan fisik dalam latihan, untuk membuatnya lebih tangguh menghadapi tim-tim yang mengandalkan kekuatan fisik.

Dilansir dari Mirror, Selasa 1 November 2016, bos Liverpool, Juergen Klopp, mengungkapkan bahwa kiper barunya itu sedang digembleng oleh pelatih kiper John Achterberg. Dia harus bisa beradaptasi pada sepakbola Inggris.

Diakui Klopp, kiper berusia 23 tahun itu tidak pernah mendapat pengalaman beradu fisik di Bundesliga. Setelah laga melawan Manchester United, West Bromwich Albion, dan Crystal Palace, Klopp mengatakan latihan khusus untuk Karius mulai terlihat manfaatnya.

Kiper Liverpool lainnya, Simon Mignolet, disebut Klopp juga mendapat pendekatan yang sama, walau dengan tindakan yang lebih ringan. Achterberg hanya menggunakan tangannya, saat menangani Mignolet, yang sudah lebih berpengalaman di Premier league.

Sementara itu, Karius menggunakan berbagai peralatan yang biasa digunakan untuk pemain rugby. "Ada hal-hal berbeda yang harus Anda lakukan sebagai pelatih. Pertama dia harus mempelajari teknik, lalu Anda harus beradaptasi pada situasi nyata, enam hingga tujuh pemain di sekitarnya," kata Klppp.

Klopp mengatakan tidak ada pemain lawan yang akan menghindar, sebaliknya malah akan berusaha menutup jalan kiper dalam menangkap bola. (one)