Akademi MU Masih Jadi yang Tersukses di Premier League

Jesse Lingard dan Marcus Rashford
Sumber :
  • Reuters / Carl Recine

VIVA.co.id – Jika di Spanyol ada La Masia yang terkenal dengan tradisinya menelurkan bibit-bibit pemain top dunia, Inggris juga punya. La Masia-nya Inggris adalah akademi milik Manchester United.

Mirror punya catatan yang menunjukkan hal tersebut. Faktanya, pemain-pemain yang berasal dari akademi Setan Merah, berkontribusi besar di Premier League musim lalu. Hal ini merujuk pada banyaknya jumlah menit bermain yang didapat para jebolan akademi MU.

Secara keseluruhan, di Premier League musim lalu, pemain hasil didikan akademi MU mendapat waktu bermain sebanyak 44.055 menit. Disusul Tottenham Hotspur yang berada di peringkat dua dengan jumlah waktu bermain yang tidak ada setengahnya, 21.668 menit.

Reputasi akademi MU memang sudah banyak menghasilkan pemain top. Contoh nyata yang paling bisa dilihat adalah jebolan "Class of 92", tempat di mana Ryan Giggs, Paul Scholes, Gary Neville, Phil Neville, Nicky Butt dan David Beckham merintis karier sebelum meraih treble winner di tahun 1999.

Paul Pogba, yang kembali ke MU musim panas lalu, mendapat waktu bermain sebanyak 2.609 menit. Pemain MU lulusan akademi lainnya, Marcus Rashford dan Jesse Lingard masing-masing bermain selama 1.702 menit dan 1.367 menit.

Berikutnya, lihat pemain lulusan akademi MU yang bermain untuk klub lain. Duo Burnley, Michael Keane dan Tom Heaton, sama-sama menorehkan waktu bermain sebanyak 3.150 menit.

Dari Bournemouth, ada nama Joshua King (2.721 menit). Sementara di Leicester City, Danny Simpson dan Danny Drinkwater bermain selama 2.990 menit dan 2.466 menit.

Pemain lainnya adalah Ryan Shawcross dari Stoke City dengan 3.150 menit. Dari Sunderland, mereka memiliki 5 pemain "produk" akademi MU, yakni John O'Shea, Donald Love, Paddy McNair, Darron Gibson dan Adnan Januzaj.

Duo Jonny Evans dan Darren Fletcher, yang kini membela West Bromwich Albion, mengantongi waktu bermain sebanyak 2.638 menit dan 3.235 menit. Dari kubu Tottenham Hotspur, waktu bermain paling banyak menjadi milik Harry Kane dengan 2.536 menit. (ase)