Kemahalan, Bomber Bau Kencur Salzburg Bikin Barcelona Gigit Jari

Penyerang Red Bull Salzburg, Erling Braut Haaland
Sumber :
  • Instagram/@erling.haaland

VIVA – Nama Erling Braut Haaland saat ini memang tengah jadi perbincangan. Keganasan striker belia berpaspor Norwegia bersama Red Bull Salzburg membuat sejumlah klub papan atas Eropa tertarik untuk meminangnya. Salah satunya Barcelona, yang tengah mencari suksesor Luis Suarez.

Haaland menggegerkan seantero Benua Biru dengan gelontoran gol yang dibuatnya tak hanya di kompetisi lokal, Austrian Bundesliga, tapi juga di Liga Champions. Dikutip data Uefa.com, saat ini penyerang yang baru berusia 19 tahun ini tengah memuncaki daftar top scorer Liga Champions 2019/2020.

Haaland sudah mencetak tujuh gol hanya dalam empat penampilan di kompetisi top Eropa itu. Di kompetisi domestik, Haaland lebih buas lagi. Pemilik tinggi badan 194 cm ini sudah mencetak 15 gol hanya dalam 12 laga. Total, musim ini Haaland sudah mencetak 27 gol dalam 23 penampilan di semua ajang.

Dengan catatan tersebut, Haaland membuktikan diri jauh lebih tajam dari juru gedor papan atas Eropa semisal Robert Lewandowski, Lionel Messi, atau Cristiano Ronaldo.

Menurut laporan ESPN, Barcelona jadi salah satu tim elite Eropa yang ingin memboyong Haaland. Manajemen The Catalans memproyeksikan striker jangkung ini untuk menjadi suksesor Suarez, yang usianya saat ini sudah menginjak 32 tahun.

Sayang, ambisi Barcelona ini terkendala dengan harga Haaland yang sangat mahal. Dalam berita sebelumnya, Salzburg jelas tak mau kehilangan predator kotak penalti andalannya. Oleh sebab itu, manajemen armada Die Mozartstadter memasang harga sebesar 85 juta Poundsterling, atau setara dengan Rp1,5 triliun.

Bukan cuma Barcelona yang menginginkan jasanya. Dua klub elite lainnya, Juventus dan Manchester United juga disebut jadi peminat Haaland. (ase)