Di Posisi Mana Schweinsteiger Akan Cocok di Skuad MU?

Bastian Schweinsteiger
Sumber :
  • @manutd
VIVA.co.id - Bastian Schweinsteiger resmi berkostum Manchester United setelah menyelesaikan transfer sebesar €20 juta dari Bayern Munich. Posisi apakah yang cocok bagi pemain Jerman tersebut?

Menurut Bild, peraih trofi gelar juara dunia 2014 itu telah menandatangani kontrak selama tiga tahun dengan bayaran €10 juta per musim. Dengan sesaknya lini tengah MU, dimanakah Schweini akan bermain menarik untuk disimak.

Dengan penampilan menjanjikan dari Juan Mata dan Ander Herrera musim lalu, lini tengah MU hanya kurang penghubung lini tengah ke depan setelah absennya Michael Carrick. Posisi tersebut dalam formasi 4-3-3 cocok buat Schweinsteiger yang sudah kenyang pengalaman.


Namun, Van Gaal bukan pelatih biasa. Formasi 3-4-3 (atau 3-5-2 yang bisa jadi eksperimennya musim lalu) bisa diisi oleh Herrera dan Schweinsteiger di jantung lapangan tengah. Pelatih asal Belanda itu mengaku sempat kesulitan saat memainkan skema ini karena tak memiliki opsi ketika Carrick cedera.


"Herrera tampil bagus saat ditempatkan di sana, tapi bukan spesialisasinya. Wayne Rooney juga, tapi bukan posisi favoritnya. Saya harus melakukannya karena tak punya lagi gelandang bertahan dengan kaki kanan seperti Carrick," ujar Van Gaal, seperti dilansir Manchester Evening News.


"Itu kenapa posisi nomor 6 adalah pemain kunci. Tapi, saya tak bisa menjelaskan lebih lanjut karena artinya saya sudah berbicara terlalu banyak," tambahnya.


Tapi, menghilangkan Carrick adalah opsi yang tak memungkinkan setelah musim lalu tampil begitu inspiratif. Jadi bisa saja Schweini akan digeser ke kiri untuk menjadi penambah variasi serangan ke depan.


Pilihan menjadikan Schweinsteiger dan Carrick menjadi holding di lini tengah pun bisa menjadi opsi kalau-kalau LVG memutuskan untuk menerapkan skema 4-2-3-1. Dengan kekuatan Carrick sebagai jangkar, Schweinsteiger lebih leluasa ikut menyerang.


Formasi ini bisa membuat skema serangan balik MU berbahaya, dengan stok empat penyerang mematikan Memphis Depay, Angel Di Maria, Ashley Young, dan Wayne Rooney.