Mengenal 'Shielding' atau Perisai Diri untuk Tangkal Corona

Ilustrasi penularan Virus Corona COVID-19.
Sumber :
  • U-Report

 

Science Photo Library

Pasien kanker membutuhkan perawatan ekstra

Lebih dari satu juta orang di Inggris yang paling berisiko dirawat di rumah sakit jika terinfeksi Virus Corona COVID-19 diminta untuk tinggal di rumah selama setidaknya 12 pekan. Strategi ini dinamai "shielding" alias perisai diri dan bertujuan untuk melindungi hidup mereka yang rentan.

Mengapa itu dilakukan?

Kasus Virus Corona terus melonjak di Inggris, yang menunjukkan virus mematikan itu beredar di masyarakat dan menyebar dari orang ke orang.

Setiap orang disarankan untuk menjaga jarak dari orang lain untuk membantu menghentikan penyebaran, namun beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu perlu mengambil tindakan pencegahan lebih jauh untuk melindungi diri mereka sendiri.

Siapa saja yang melakukannya?

Mereka yang paling berisiko akan mendapatkan surat atau pesan teks dari layanan kesehatan di Inggris (NHS) menyarankan mereka untuk tidak keluar rumah selama 12 pekan.

Orang-orang rentan adalah:

  • Penerima transplantasi organ
  • Pengidap kanker yang sedang melalui perawatan seperti kemoterapi atau radioterapi
  • Orang yang menggunakan obat imunosupresi
  • Perempuan yang sedang hamil dan menderita penyakit jantung
  • Orang-orang dengan kondisi pernapasan yang buruk - cystic fibrosis (penyakit keturunan yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket), asma berat dan COPD (penyakit paru-paru yang mengakibatkan penderitanya sulit bernapas)
  • Beberapa orang dengan penyakit langka, seperti kombinasi kekurangan kekebalan tubuh yang parah

Apakah itu wajib?

Para ahli sangat menyarankan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu untuk mematuhi saran itu. Jika Anda mengalami kondisi kesehatan seperti yang disebutkan, perisai diri adalah perlindungan pribadi Anda.

Anda bisa menghubungi dokter Anda untuk membahas hal ini.

Apa yang diperlukan?

Itu berarti tinggal di rumah setiap saat. Anda tidak boleh keluar untuk berbelanja atau berjalan-jalan di tempat umum - berjalan-jalan di kebun sendiri diperbolehkan.

Anda harus menghindari kontak tatap muka, yang berarti tidak diperbolehkan ada pengunjung. Kunjungan dari orang-orang yang menyediakan perawatan kesehatan krusial dan dukungan pribadi diperbolehkan.

Perawat harus menjauh jika mereka memiliki gejala virus corona dan siapa pun yang datang ke rumah Anda harus menjaga tangan mereka tetap bersih dengan mencucinya dengan sabun dan air.

BBC

Mencuci tangan merupakan hal paling mendasar.

Bagaimana dengan orang yang tinggal dengan saya?

Mereka tidak perlu memerisai diri mereka, namun mereka harus mengikuti rekomendasi untuk memerisai diri Anda.

Mereka harus betul-betul mematuhi panduan jaga jarak sosial - yang berarti bekerja dari rumah, menghindari transportasi publik, dan mengurangi kontak di luar rumah.

Mereka juga harus menjaga jarak fisik (sejauh dua meter) dari Anda dan menjaga waktu bersama Anda seminimum mungkin, seperti di dapur, kamar mandi, atau ruang tamu.

Ruang berbagi harus memiliki ventilasi udara yang baik - dengan jendela yang terbuka.

Jika memungkinkan, gunakan kamar mandi dan tempat tidur yang terpisah. Pastikan Anda tidak berbagi handuk dengan orang-orang di rumah Anda.

BBC

Jangan berbagi alat-alat makan

Jika Anda menggunakan toilet dan kamar mandi yang sama dengan orang-orang di rumah, pastikan mereka membersihkan tiap selesai menggunakannya. Pertimbangkan untuk membuat jadwal mandi, dengan Anda yang diprioritaskan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Gunakan dapur ketika tidak ada orang lain di sana dan ambil makanan Anda untuk dimakan di kamar. Virus Corona menyebar melalui air liur (dari batuk dan bersin), jadi jangan berbagi alat makan atau pecah belah, kecuali itu bersih. Gunakan mesin pencuci piring jika Anda punya. Sabun atau cairan pencuci dan air juga menghilangkan virus.

Jaga agar permukaan benda yang kerap disentuh tetap bersih - gagang pintu, keran, dan pegangan tangan.

BBC

Proses rumah sakit

Bagaimana dengan obat-obatan dan makanan saya?

Orang lain harus mengambilkan ini untuk Anda atau Anda harus memesannya melalui jasa pengiriman.

Berapa lama shielding akan berlangsung?

Disarankan 12 pekan sejak hari Anda menerima rekomendasi.

Apa yang semestinya saya lakukan jika saya batuk atau demam?

Ini adalah gejala virus corona. Bukan berarti Anda pasti terinfeksi, namun Anda perlu menghubungi layanan kesehatan atau dokter Anda.

Lakukan itu secepat mungkin setelah Anda merasakan gejala. Jangan pergi ke apotek atau rumah sakit. Dalam kondisi darurat, hubungi layanan darurat jika Anda benar-benar sakit.

BBC

Gejala virus corona

Tips lain agar aman dan sehat

Kebersihan yang baik akan menghentikan penyebaran virus.

  • Lindungi hidung dan mulut Anda dengan tissue atau lengan Anda (bukan tangan Anda) ketika Anda batuk atau bersin.
  • Buang tisu yang sudah terpakai ke tempat sampah secepatnya.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air sesering mungkin, selama 20 detik
  • Jangan sentuk mata, hidung atau mulut dengan tangan yang kotor

Tetap aktif secara fisik dengan melakukan olahraga di dalam ruangan atau di kebun Anda jika memungkinkan.

Jaga kesehatan mental Anda. Tetap berkomunikasi dengan teman-teman melalui telepon, pos atau online.

Persiapkan tas rumah sakit untuk berjaga-jaga - ini harus mencakup kontak darurat Anda, daftar obat-obatan yang Anda minum dan informasi tentang pertemuan menyangkut perawatan yang Anda rencanakan serta hal-hal yang Anda perlukan untuk menginap, seperti sikat gigi dan piyama.