#dentuman dan #Krakatau Jadi Trending Topic Twitter

Aktivitas Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Suara dentuman yang diduga berasal dari Gunung Anak Krakatau dan terjadi dini hari tadi, masih menjadi bahan pembicaraan warganet hingga Sabtu siang 11 April 2020. Hasil pantauan VIVA, tagar #dentuman dan #Krakatau jadi topik yang trending di Twitter.

Sejumlah warganet ada yang menggunakan tagar itu untuk mengunggah video saat dentuman terjadi. Ada pula yang mencuitkan kronologis suara, yang sudah terdengar sejak pukul 01.00 WIB hingga beberapa jam kemudian.

Warganet juga banyak yang menuliskan doa, agar semua tetap aman. Tak sedikit pula yang mengingatkan pengguna Twitter di Indonesia, untuk berdoa setelah kejadian tersebut.

Tagar #krakatau juga menghiasi daftar trending di Twitter Indonesia pagi ini. Hal tersebut terjadi, karena banyak yang menyangkutkan suara dentuman dengan Gunung Anak Krakatau.

Sejumlah warganet juga banyak yang menyandingkan tagar #dentuman bersamaan dengan #krakatau dalam cuitan mereka.

Namun, tak sedikit warganet yang membantah suara tersebut berasal dari aktivitas gunung tersebut. Beberapa dari mereka mengaku tinggal di daerah dekat Merak, Jawa Barat, namun tidak mendengar suara dentuman seperti yang diakui warga Jakarta dan sekitarnya.

Topik PVBMG, BMKG, Merapi, Suara, Ya Allah, Kedengeran, dan Gunung jadi sejumlah topik yang masuk dalam daftar trending Twitter pagi ini, serta berhubungan dengan obrolan warganet soal dentuman pagi tadi.

Sebagai informasi, sekitar Sabtu dini hari pukul 03.00 WIB terdengar dentuman keras. Suara tersebut terdengar di beberapa wilayah di sekitar Jakarta, seperti Pamulang hingga Bogor.

Hampir bersamaan dengan suara dentuman, Gunung Anak Krakatau juga meletus pada Jumat malam 10 April 2020. Menurut Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi atau PVBMG, letusan pertama kali terjadi pada 22.35 WIB.