Video Call sampai 8 Orang, WhatsApp Sesumbar Data Pengguna Pasti Aman

Ilustrasi panggilan grup WhatsApp.
Sumber :
  • CNET

VIVA – Layanan pesan instan WhatsApp baru saja mengumumkan peningkatan pada fitur panggilan video atau video call, setelah sebelumnya hanya dilakukan oleh empat kini menjadi delapan orang dalam satu panggilan.

Dikutip dari situs Android Central, Kamis, 30 April 2020, pertemuan secara virtual akhir-akhir ini menjadi sangat dibutuhkan karena tengah mewabahnya Virus Corona COVID-19 yang memaksa sebagian besar masyarakat di dunia untuk tetap berada di dalam rumah (work from home/wfh).

Platform yang menjadi populer adalah Aplikasi Zoom. Namun, beberapa kali telah terjadi fenomena zoombombing, di mana ada penyusup yang berusaha mericuhkan suasana pertemuan dan terkadang mengeluarkan potongan video yang tidak etis.

Aplikasi ini memang masih banyak digunakan, tapi satu per satu perusahaan besar telah memilih untuk tidak menggunakannya karena alasan keamanan. WhatsApp mencoba mengambil alih popularitas tersebut dengan memperbanyak peserta panggilan video.

Meskipun tidak bisa sebanyak Zoom, namun anak perusahaan Facebook ini menjanjikan enkripsi yang lebih kuat sehingga fokus pada privasi pengguna. Dengan begitu ada jaminan tidak ada penyusup yang mengganggu jalannya pertemuan online.

Dilansir dari The Sunend-to-end encryption pada pesan teks juga berlaku pada panggilan suara dan video. Hal ini akan menjauhkan peretas atau hacker menguping percakapan pengguna.

Kelebihan lainnya jika menggunakan panggilan video WhatsApp adalah tidak ada keterbatasan waktu. Adapun Aplikasi Zoom untuk pengguna yang tidak berbayar, memiliki sesi yang terbatas.

Kemudian, penggunaan data juga akan jauh lebih minim, baik ketika menggunakan lewat jaringan 3G, 4G maupun 5G. Untuk bisa menggunakan fitur terbaru ini, pastikan keseluruhan peserta panggilan video untuk menggunakan WhatsApp dengan versi terbaru.