Foto Selfie di Puncak Gunung untuk Bantah Teori Bumi Datar

Mark Harrison buktikan Bumi bulat bukan datar.
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA – Percakapan soal apakah Bumi datar atau bulat masih menjadi topik hangat hampir di seluruh dunia. Hingga seorang pria yang berprofesi sebagai videografer asal Kanada bernama Mark Harrison membuktikan kebenaran kalau Bumi benar-benar bulat lewat aksi foto selfie di puncak gunung, lalu diunggah ke TikTok.

Ia menggunakan kamera 360 derajat yang dipasang di tiang untuk menjelaskan argumennya, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Mirror, Selasa, 18 Agustus 2020. Dalam video tersebut dirinya naik ke sebuah tempat yang diklaim sebagai titik tertinggi di wilayah British Columbia, Kanada.

Baca: Kaum Bumi Datar Jadi Bulan-bulanan

Harrison lalu mengarahkan kameranya ke awan. "Saya berada di titik tertinggi di BC (British Columbia). Saya menggunakan selfie stick yang mengarah ke atmosfer. Bumi itu bulat, bukan datar," katanya.

Ia juga menegaskan cara ini adalah uji coba terakhir untuk menunjukkan fakta jika Bumi bulat. Harrison juga memperpanjang tiang kamera dan membuat gambaran Bumi yang menunjukkan formasi bulat.

Video pembuktian Bumi bulat ini sudah ditonton sebanyak 26 juta kali. Banyak netizen yang juga meninggalkan komentar dari unggahan tersebut.

Namun adapula yang mengomentari soal kegiatan Harrison yang berjalan di ketinggian. Sementara itu, ilmuwan membuktikan Bumi bulat menggunakan geodesi, yakni ilmu mengukur bentuk, gravitasi, serta rotasi Bumi.

Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA juga menggunakan cara yang sama dan mengatakan jika ilmu tersebut memberikan pengukuran akurat soal argumen bentuk Bumi.

"Geodesi memberikan perhitungan akurat yang menunjukkan Bumi itu bulat. Dengan GPS dan satelit lainnya, para peneliti bisa menghitung ukuran dan bentuk Bumi dengan sentimeter. Gambar dari ruang angkasa juga menunjukkan Bumi bulat seperti Bulan,"demikian keterangan resmi NASA.