Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Canggihnya Teknologi Biometrik, BNPT dan BNN Saja Pakai

Sabtu, 26 September 2020 | 07:10 WIB
Foto :
  • Science News
Ilustrasi serangan hacker atau siber.

VIVA – Biometrik merupakan karakteristik fisik atau perilaku manusia yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi secara digital. Biometrik terkait dengan akses ke sistem, perangkat, atau pun data. Beberapa pengidentifikasi biometrik adalah sidik jari, pola wajah, suara, dan irama pengetikan.

Lembaga penegak hukum di Indonesia seperti Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia (BNPT) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) sudah menggunakan teknologi biometrik. Teknologi ini juga dapat memberikan tingkat kepercayaan yang wajar dalam mengotentikasi seseorang.

Baca Juga

Baca: Bagaimana Pelaku Kejahatan Siber Bisa Tahu Nomor Ponsel Korban

Tak hanya itu, biometrik berpotensi meningkatkan keamanan perusahaan secara dramatis, di mana komputer dan perangkat dapat membuka kunci secara otomatis ketika mereka mendeteksi sidik jari pengguna yang disetujui.

Bicara teknologi biometrik tidak bisa lepas dari serangan siber. Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN mencatat, kasus percobaan pencurian data (data breach) periode Januari hingga Agustus 2020 mencapai 36.771 kasus, terutama pada sektor keuangan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler