Bagaimana Pelaku Kejahatan Siber Bisa Tahu Nomor Ponsel Korban

Ilustrasi kejahatan siber
Ilustrasi kejahatan siber
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Penipuan dengan meminta One Time Password atau OTP kerap terjadi. Namun saat ini timbul pertanyaan bagaimana cara pelaku kejahatan siber bisa tahu nomor ponsel atau alamat email korban untuk melancarkan aksinya.

Wakil Ketua Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI), Merza Fachys, bilang ada rumor yang mengatakan jika nomor-nomor ponsel itu diberikan oleh operator seluler.

Baca: Balas Pesan Ini, Kamu Bakal Menderita Seumur Hidup

"(Operator seluler) Sering mendapat tudingan kalau data-data nomor Hp ini berasal dari kami. Di sini saya katakan tidak harus," kata dia, Jumat, 25 September 2020.

Ia juga mengatakan selama seseorang menggunakan ponsel pasti ada saat di mana menyerahkan nomor ponsel secara resmi atau tidak.

Misalnya, lanjut Merza, mulai dari check-in pesawat atau saat memindai barcode di pusat perbelanjaan. Itu semua membutuhkan nomor ponsel pengguna.

Ia menuturkan bahwa permintaan untuk menyertakan nomor ponsel hingga email memang tidak bisa dihindari pada saat ini. Sebab, jika tidak dilakukan maka akan menyulitkan aktivitas masyarakat.