7 Aplikasi Alquran yang Dapat Membantu dalam Beribadah

Aplikasi Alquran
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Aplikasi Alquran menjadi salah satu yang dibutuhkan dan banyak dicari oleh para umat muslim untuk membantu dalam hal beribadah. Apalagi seperti yang diketahui sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan. Sehingga aplikasi ini sangat membantu umat muslim untuk menambah amalan dalam beribadah seperti melaksanakan sholat dan membaca Alquran

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini para umat muslim bisa menggunakan berbagai aplikasi Alquran yang dapat digunakan secara online maupun offline. Selain menawarkan Alquran digital, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur pendukung lainnya seperti memberikan jadwal sholat, arah kiblat dan lain sebagainya. Sehingga umat muslim sangat dimudahkan untuk beribadah. Lantas, apa saja aplikasi tersebut? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah aplikasi Alquran yang direkomendasikan untuk diunduh. 

1. Aplikasi Al-Quran (Tafsir & by Word)

Aplikasi Al Quran (Tafsir & by Word)

Photo :
  • Tangkapan Layar Google Play

Aplikasi Alquran (Tafsir & by Word) ini bisa menjadi salah satu yang bisa kamu pilih untuk diunduh di perangkatmu karena menawarkan lebih dari 35 bahasa tafsir dan terjemahan yang salah satunya termasuk bahasa Indonesia. Namun aplikasi ini memang hanya berfokus untuk membaca Alquran saja tanpa dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya. Meskipun begitu, aplikasi ini menawarkan fitur Alquran yang bisa dibilang cukup lengkap. 

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Al-Quran ini diantaranya seperti mp3 yang dapat diputra dan berisi 30 juz atau 114 surah dari 30 qori. Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem audio seperti fitur repeat dan grup playback yang dimana dapat Alquran dapat dihafal dengan mudah oleh pengguna yang menggunakan aplikasi ini. 

2. Aplikasi Aminin

Aplikasi Aminin

Photo :
  • Tangkapan Layar Google Play

Selanjutnya ada aplikasi Alquran bernama Aminin yang menjadi salah satu aplikasi buatan anak negeri. Developer pengembang aplikasi belajar bahaso yakni Bahaso Intermedia Cakrawala menjadi yang mengembangkan aplikasi Aminin ini. Surah-surah Alquran yang ditampilkan cukup menarik dan unik karena dikemas dalam bentuk kartu yang berwarna-warni sehingga akan lebih mudah dipahami untuk dibaca. 

Pada bagian bawah kartunya akan terlihat tombol play yang berguna untuk memutar lantunan ayat Alquran yang dibaca oleh qori. Selain memiliki fitur yang digunakan untuk mengaji, aplikasi Aminin ini juga mendukung fitur yang bisa digunakan bagi kamu yang ingin menguji kemampuan dalam membaca dan memahami Alquran. Terdapat juga fitur terjemahan dan tafsir yang mendukung aplikasi ini. Tak hanya itu ada juga bookmark, fitur untuk membagikan ayat Alquran ke media sosial dan penanda Alquran sebagai fitur pendukungnya. 

3. Aplikasi Quran for Android

Aplikasi Quran for Android

Photo :
  • Tangkapan Layar Google Play

Aplikasi Quran for Android ini diketahui sebagai salah satu aplikasi Alquran terbaik di Play Store. Seperti namanya, aplikasi ini memang diperuntukan oleh para pengguna perangkat Android. Tampilan dari aplikasi yang dibuat oleh pengembang Quran.com ini sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan oleh para pengguna. 

Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi ini yakni memiliki fitur mode malam yang bisa digunakan oleh pengguna agar dapat mengaji dengan nyaman dan tenang saat di malam hari. Selain itu, ada juga fitur terjemahan yang dengan 20 bahasa, bookmark, pemutar audio serta membagikan dan menandai ayat Alquran. 

4. Aplikasi Al'Quran Bahasa Indonesia

Dengan aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia ini pengguna dimmungkinkan untuk membaca Alquran dalam bahasa Indonesia, sesuai dengan nama aplikasinya. Dilengkapi juga dengan fitur warna tajwid yang dapat membantu penggunanya untuk membaca Alquran dengan lebih mudah. Namun fitur warna tajwid tersebut hanya dapat digunakan pada dua surat pertama saja dalam aplikasi bagi pengguna gratis. Jika kamu ingin mengakses fitur tersebut dengan lengkap, kamu bisa mengupgrade aplikasinya ke fitur advanced. 

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur lainnya seperti fitur menyalin ayat, pengingat doa, pengingat sholat, audio pembacaan bahasa Arab dalam setiap suratnya, menambahkan ayat ke favorit dan membagikan ayat ke media sosial. 

5. Aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia

Photo :
  • Tangkapan layar Google Play

Aplikasi Al Quran Indonesia ini dikembangkan oleh developer Andi Unpam dengan terjemahan bahasa Indonesia yang juga dilengkapi dengan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Alquran yang satu ini terbilang cukup lengkap diantaranya seperti opsi membaca Alquran dalam mode landscape atau portrait, tajwid berwarna, menyalin ayat, mode malam, membagikan ayat dan bookmark ayat Alquran serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah yang bisa diakses secara gratis dan offline. 

6. Aplikasi Quran Best

Aplikasi Quran Best

Photo :
  • Tangkapan layar Google Play

Aplikasi Alquran yang selanjutnya yakni adalah Quran Best yang dibuat oleh muslim Indonesia. Hal menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini salah satunya seperti dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan Alquran dalam bentuk cetak sehingga penggunanya dapat membaca dengan lebih nyaman. 

Selain itu, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga terbilang cukup lengkap diantaranya seperti tafsir dan terjemahan , bookmark, murottal 30 juz yang dilantunkan oleh para qori terbaik, pencarian ayat dengan kata kunci dan fitur mode malam. Ada juga fitur pendukung yang ditawarkan oleh Quran Best yang membantu pengguna untuk beribadah selama bulan Ramadhan. Misalnya seperti jadwal sholat dan adzan, pencatat jumlah lembar tilawah, grup mengaji dengan fitur chat, pencari masjid terdekat dan podcast islami. 

7. Aplikasi Umma

Apikasi Umma

Photo :
  • Tangkapan Kayar Google Play

Aplikasi Alquran yang terakhir akan dibahas yakni bernama Umma yang merupakan aplikasi komunitas muslim yang dibuat oleh anak bangsa. Ada berbagai fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini yang dapat membantu penggunanya dalam beribadah. Fitur tersebut diantaranya seperti Alquran digital, petunjuk arah kiblat, jadwal sholat dan kelas belajar agama uClass.

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi ini untuk mengaji telah disediakan oleh Umma fitur-fitur tambahan seperti panduan tajwid, pencarian surah atau juz secara spesifik, terjemahan dalam berbagai bahasa dan bookmark yang berfungsi untuk memberikan tanda pada bacaan yang terakhir dibaca oleh pengguna agar bisa dilanjutkan lagi nantinya untuk dibaca. 

Itulah kumpulan rekomendasi aplikasi Alquran yang bisa menjadi referensi bagi kamu khususnya umat muslim untuk diunduh pada perangkat. Aplikasi yang telah disebutkan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu bebas memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk membantu dalam hal beribadah. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi kamu yang membacanya dan membutuhkannya.