Fitur Khas TikTok Dicuri Twitter

TikTok.
Sumber :
  • TikTok

VIVA Tekno – Twitter telah membuat banyak perubahan. Baru-baru ini mereka meniru fitur khas TikTok, 'FYP' atau 'For You Page'.

Platform media sosial milik Elon Musk itu akan menampilkan umpan algoritmik secara default, mengubah cara pengguna berpindah antara garis waktu yang digerakkan algoritme dan kronologis sebelumnya.

Perusahaan menghapus tombol bintang di kanan atas yang sebelumnya berfungsi untuk user beralih di antara dua umpan. Ini akan digantikan oleh dua tab berlabel 'For you' dan 'Following'.

"Lihat Tweet yang ingin Anda lihat. Mulai hari ini di iOS, gesek di antara tab akan melihat Tweet yang direkomendasikan 'For you' atau Tweet dari akun yang Anda 'Following'," tweet akun dukungan Twitter resmi.

Tab umpan algoritmik bahkan memiliki nama yang sama dengan umpan yang direkomendasikan TikTok, melansir dari situs Metro, Jumat, 13 Januari 2023.

CEO Twitter Elon Musk.

Photo :
  • Getty Images

Ini mirip dengan opsi 'Beranda' yang lama, menunjukkan kepada pengguna tweet dari orang yang diikuti serta tweet yang menurut algoritme mungkin disukai.

Jadi apa yang dulunya disebut 'Latest Tweet' sekarang disebut 'Following'. Tetapi pengguna mengeluh karena setelah mereka memilihnya dan menutup aplikasi, setiap kali membuka kembali aplikasi, mereka akan diperlihatkan umpan For You.

Perubahan tersebut mungkin tidak berjalan baik dengan pengguna yang menolak upaya sebelumnya untuk menghilangkan umpan kronologis.

Sejauh ini, fitur baru tersebut hanya diluncurkan untuk pengguna iOS sehingga orang yang menggunakan Twitter di Android dan web belum mendapatkan alat tersebut.

Pada bulan Juni 2022, dilaporkan bahwa Elon Musk mengatakan kepada karyawan Twitter bahwa perusahaan harus menandingi WeChat dan TikTok jika ingin mencapai tujuannya untuk mencapai 1 miliar pengguna.

Ketika ditanya bagaimana Twitter dapat menumbuhkan basis penggunanya, Musk menjelaskan bahwa aplikasi tersebut harus menawarkan lebih banyak utilitas dan memastikan orang-orang sangat terhibur serta mendapatkan informasi.