5 Tanda Anda Salah Mengenakan Bra

Ilustrasi bra
Sumber :
  • pexels

VIVA – Memilih bra bukan hanya bicara soal warna dan ukuran, tapi lebih dari itu. Terkadang wanita tidak sadar telah menggunakan bra dengan ukuran dan gaya yang salah, karena terpukau dengan diskon, dan model yang menarik. 

Menggunakan pakaian dalam dengan ukuran yang salah bisa ditandai dengan merasa sakit kepala, sakit punggung, dan kehabisan napas. Jika merasa seperti ini, segeralah mengganti pakaian dalam dengan ukuran yang nyaman. 

"Sebuah bra yang pas dan tepat untuk Anda, dan pas ukuran dan bentuk akan membuat tubuh mencapai fungsi maksimalnya," kata Dr. Rubina Tahir, DC seperti dilansir Bustle

Ahli Bra, Julia Mastalski, menjelaskan penggunaan bra yang tepat di tubuh. "Talinya harus ada di bawah tulang belikat, dan semua payudara pas di dalam cup, tanpa ada kelebihan baik di bagian depan atau belakang kawat," katanya. 

Sementara tanda bahwa Anda menggunakan bra dengan tidak tepat adalah seperti berikut ini:

Memiliki iritasi atau luka di bawah payudara

Pernah melihat ada garis di bawah payudara, terutama  bekas merah, gatal atau iritasi. Ini berarti ada sesuatu dengan kawat di dalam bra. 

"Sederhana, bisa jadi itu, karena bra sudah tua dan bahan di atas kawat telah menipis, membiarkan daerah sensitif ini terkena kawat," kata Dr. Nina Watson, radilogi. Ini juga bisa berarti bahwa dada tidak pas, dan bergerak terlalu banyak, menyebabkan gesekan. 

Bekas tali di bahu

Mungkin awalnya berpikir ini karena menggunakan bra, tapi tidak. Jika bahu merasa terluka, atau memiliki garis panjang setelah melepas bra, itu tanda bahwa tali bra mendukung sepenuhnya bra. 

Membenarkan bra sepanjang hari

Jika melakukan hal seperti menarik dan menyeret dan membenarkan posisi bra sepanjang hari, Mastalski mengatakan bisa jadi ada tiga masalah. 

"A, gayanya salah, B cup nya terlalu kecil atau terlalu besar, C talinya terlalu besar. Bra yang pas harusnya bisa mencegah ketiga hal ini terjadi," ujarnya. 

Terlalu banyak bergoyang

Bra yang tepat akan menjaga payudara sepanjang hari, jadi akan tetap nyaman meski sedang berlari, naik turun tangga. Tapi jika terlalu banyak gerakan, seperti payudara bergoyang, tentu saja bra tidak memberikan fungsinya dengan tepat. 

Mastalski menyarankan untuk menemukan bra yang mampu menyimpan payudara dengan baik, seperti sports bra dengan kawat, dibandingkan membeli yang hanya menekan payudara. 

Tumpah

Jika payudara melebihi cup, sudah dipastikan bra yang dipilih salah, kata Soraya Pena Hennessy, seorang blogger mode. 

"Jika menyadari payudara terlalu besar, coba pilih cup dengan ukuran lebih besar di atasnya. Ini akan memberi dukungan lebih, sedikit gerakan dan tampilan lebih baik," ucapnya.