Rahasia di Balik Popcorn Bioskop

Popcorn.
Sumber :
  • www.preventionrd.com

VIVA – Setiap masuk ke dalam gedung bioskop apa yang paling mencuri perhatian selain film itu sendiri? Aroma popcorn tentu saja, terlebih jika sedang dimasak, aroma gurih mentega dari popcorn seakan menggoda untuk tidak boleh melewatkan kelezatannya.

Lagipula, nonton rasanya kurang nikmat jika tidak ada kehadiran popcorn di tangan. Ternyata di balik aromanya yang nikmat, ada banyak rahasia yang tidak diketahui orang awam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta tentang popcorn di bioskop

Sejarah

Suka penasaran kenapa nonton dan popcorn menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan? Ternyata ini tradisi sudah ada sejak Perang Dunia II, ketika jatah gula untuk membuat gula sulit didatangkan. Popcorn selalu ada dan sebenarnya dijual di bioskop bahkan sebelum orang bisa melihat film. 

Tidak selalu baru

Banyak karyawan bioskop yang mengakui bahwa popcorn mereka masih dalam kondisi bagus untuk satu atau dua hari, dan menjualnya selama dua hari sebelum akhirnya dibuang. 

Ukuran selalu berubah

Popcorn berukuran kecil atau small bisa jadi merupakan ukuran medium di bulan sebelumnya. 

Flavacol

Diproduksi oleh Gold Medal, Flavacol merupakan saus rahasia hampir banyak bioskop yang digunakan untuk menghasilkan popcorn dengan rasa klasik yang hanya bisa ditemukan di bioskop.

Flavacol digunakan ketika memasak popcorn bukan sebagai topping, ini pada dasarnya adalah garam dengan banyak tambahan bahan lain untuk membuat popcorn bioskop berwarna dan berasa. 

Lubang angin

Sadar atau tidak, ketika masuk gedung bioskop tiba-tiba mata tertuju pada tempat yang menjual popcorn. Aroma harum popcorn tiba-tiba saja membuat orang yang akan menonton merasa harus membeli popcorn.

Ternyata bioskop memiliki teknik khusus untuk memastikan aroma mentega yang begitu nikmat tak melewatkan setiap sudut lorong dari bioskop. Trik ini termasuk menggunakan campuran dari kelapa dan minyak canola dan bahan misterius lainnya. Sebagai tambahan, ada juga saluran angin khusus yang digunakan untuk menyebarkan aroma tersebut. (mus)