Dapat Nonton Gratis, Ini 8 Fakta Bioskop yang Jarang Diketahui

Nonton di bioskop
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Menonton film di bioskop pasti lebih memuaskan dibandingkan di rumah. Selain lebih lega karena berlayar lebar, para penonton di bioskop dimanjakan dengan tata suara dan ketajaman film yang ditonton. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Saat menonton di bioskop, kamu pasti akan menghindari deretan kursi terdepan. Posisi ini memang kurang nyaman karena kepala biasanya harus mendongak. 

Namun masih banyak hal dan fakta bioskop yang mungkin tak pernah diketahui oleh penonton. Viva melansir dari laman BrightSide.me, mengungkap beberapa rahasia bioskop lainnya yang jarang diketahui oleh publik sebagai berikut..

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

1. Pekerjaan bersih-bersih selalu dilakukan terburu-buru

Ilustrasi/Polisi dan petugas mall berada di dalam gedung bioskop yang rusak akibat gempa, di Medan, Sumatera utara, Senin (16/1/2017).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Pernahkah kamu  memperhatikan lantai bioskop terlihat kotor meski para pekerja telah membersihkan lorongnya setiap setelah pergantian film?

Itu semua karena jadwal pemutaran antara film yang sangat ketat. Akibatnya pekerjaan bersih-bersih dilakukan terburu-buru dan sembarangan. Lantai baru dibersihkan dengan benar saat semua jadwal pemutaran film telah berakhir.

2. Taruh Serpihan Sampah di Kursi

Sepatu kulit dan kursi bioskop ditumbuhi jamur selama lockdown.

Photo :
  • Facebook

Petugas kebersihan lebih senang jika penonton menaruh sampah di atas kursi daripada dibuang di lantai. Mengambil sampah yang ditaruh di kursi dianggap lebih mudah daripada harus menjangkaunya di lantai dan kolong tempat duduk.

3. Posisi Menonton yang Paling Baik

Industri Bollywood Bernafas Lega, Bioskop Boleh Dibuka dengan 50 Persen Penonton

Photo :
  • antv

Untuk mendapatkan pengalaman menonton dan mendengar terbaik saat menonton film di bioskop, kamu sebaiknya memilih barisan tempat duduk pertama atau kedua dari belakang di bagian tengah bioskop. Di tempat inilah pekerja duduk untuk 'menyetel' sistem tata suara bioskop.

4. Kursi “O” dan “I”

Jika kalian perhatikan, memang tampak jelas jika barisan I dan O dihilangkan. Ada beberapa orang yang berfikir ada misteri dibalik hal itu. Namun, pihak bioskop menjelaskan bahwa hal itu dilakukan untuk mempermudah pengunjung mencari tempat duduk. Karena abjad I dan O memungkinkan salah paham dan membuat pengunjung salah baca menjadi angka 1 dan 0.

Dan selain itu jika huruf I dicetak dengan huruf kapital mirip dengan huruf L kecil,sedangkan O akan mirip dengan huruf D. Maka dari itu kedua abjad itu dihilangkan.

5. Selalu ada Penonton yang di usir

Di AS, hampir setiap minggu selalu saja ada pasangan yang diusir keluar karena melakukan tindakan tak senonoh saat menonton. Hampir di semua bioskop di AS dilengkapi kamera CCTV.

Kamera ini untuk memantau mereka yang melakukan tindakan asusila yang membuat penonton di sekitarnya merasa terganggu.

6. Suara yang merusak telinga

Orang-orang menonton film di bioskop karena ingin menikmati sensasi suara efek yang memanjakan telinga. Namun di satu sisi, suara yang terlalu keras seperti dalam film-film aksi (suara bom dan peperangan) terkadang melebihi tingkat yang diizinkan.

Karena itu, jika sayang dengan kesehatan telinga, sebaiknya tidak terlalu sering menonton film aksi di bioskop.

7. Awalnya Kursi tidak disediakan tempat menaruh gelas

Uniknya, tempat menaruh gelas pada kursi bioskop baru muncul pada tahun 1981 atau 60 tahun setelah bioskop ber-AC pertama dibuka di AS. Sedangkan, popcorn mulai dikaitkan dengan menonton film di AS selama Perang Dunia Kedua, ketika bioskop berhenti menjual permen karena terjadi krisis gula.

8. Popcorn Mahal

Popcorn selalu identik dengan menonton film di bioskop. Namun tahukah kamu jika camilan bioskop ini harganya terlalu mahal jika dibandingkan membelinya di luar. Di Amerika Serikat, popcorn ukuran besar harganya rata-rata US$ 8 atau setara dengan Rp 191 ribu. Sedangkan jika membeli di luar bioskop hanya US$ 1 atau setar Rp 14 ribu.

9. Aroma Popcorn

Dua alasan paling utama adalah karena ada campuran ekstrak kelapa dan kanola, serta zat aditif makanan pada setiap popcorn yang dijual di bioskop.

Kamu bisa menonton beberapa film sekaligus tanpa harus bayar lebih. Caranya mudah sekali, beli lah tiket untuk menonton sebuah film, setelah film berjalan selama 15 menit dan jika kamu merasa film itu membosankan, kamu bisa keluar dari ruangan tersebut dan pindah ke studio lain.

Karena kebanyakan setelah film tayang selama 15 menit, jarang sekali ada petugas bioskop yang memonitor para penonton yang ke luar masuk ruang bioskop. 

Nah, itu informasi mengenai fakta-fakta dibalik biskop yang jarang diketahui oleh penikmatnya dan masyarakat umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya