Trik Jitu Pengrajin Kain Tenun Siasati Masa Pandemi

Pelestari kain tenun, Anna Mariana
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fazri

VIVA – Selama masa pandemi COVID-19, sejumlah pengrajin kain tenun terus bertahan dengan situasi sulit seperti ini meski terdampak sepi pembeli. Para pengrajin kain tradisional Indonesia terus memproduksi deretan kreasinya di rumah mereka masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Anna Mariana, selaku pelestari kain tenun yang mengatakan pada masa pandemi ini mereka bertumpu mengandalkan penjualan melalui online.

Dan salah satu tempat pengrajin kain tenun yang terus bergeliat menampilkan koleksi kreasi apiknya yakni berada di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan tepatnya di Galeri Tenun Nusantara House of Marsya.

“Jadi kita harus mengejar online bekerja sama dengan beberapa market place. Jadi ini juga merupakan satu upaya yang bisa kita lakukan dalam rangka untuk membantu para pengrajin-pengrajin di daerah untuk bisa eksis bisa berjualan melalui kami di sini,” ujar Anna kepada VIVA, Sabtu 31 Oktober 2020.

Anna yang ketika ditemui tengah berada di tempat pengrajin kain tenun lainnya di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta itu juga mengemukakan sejumlah kendala selama masa pandemi COVID-19.

Diakui Anna, kini para pengrajin terpaksa harus memproduksi kain khas budaya Indonesia itu di rumahnya masing-masing. Meski demikian, melalui aplikasi online para pengrajin pun terus memasarkan kain tenun kreasinya ke berbagai daerah.

“Para pengrajin itu tetap bertahan, meski berdampak pada daya beli yang menurun drastis. Wabah Corona tidak membuat berhenti untuk pengrajin tetap melestarikan kain tradisional Indonesia,” ujar Anna.

Keberadaan kain tradisional indonesia nyaris dilupakan dan tersingkirkan dari persaingan saat ini.