Berpose Telanjang, Wanita Ini Ungkap Trauma Bekas Lukanya

Cecilia Adamao.
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Sepuluh tahun lalu, dua orang terbaring di rumah sakit sekarat. Salah satunya adalah saya, yang lainnya adalah orang asing yang akan menyelamatkan hidup saya," begitu kalimat yang dikenang remaja bernama Cecilia Adamao.

Saat itu, orang tuanya pulang malam setelah menghabiskan hari di samping tempat tidurnya dalam perawatan intensif. Para perawat telah berusaha untuk menenangkannya saat malam meskipun ia jarang tidur, lantaran merasa kesepian dan tidak nyaman.

Meskipun ia berada dalam dukungan hidup penuh dan dipompa penuh dengan obat-obatan setiap jam sepanjang hari, ia tersadar sepanjang waktu.

Di malam selanjutnya, ia melihat hiruk-pikuk di sekitar ruang tidurnya, yang tidak biasa. Kemudian orang tuanya muncul, dan ia bisa merasakan sedikit kegembiraan, tentu yang tidak biasa di unit perawatan intensif anak-anak.

"Pertanyaan saya tidak ditanggapi sampai wajah yang saya kenal muncul di samping tempat tidur, yaitu Lynne, koordinator transplantasi saya. Dia berdiri berbicara dengan orang tua saya, dan saya menanyakan sesuatu yang belum pernah saya tanyakan sebelumnya: ‘Apakah ini jantungku, Lynne?" jelasnya waktu itu.

Dia tersenyum, tidak mengatakan apa-apa dan melanjutkan percakapannya. Malam itu, Cecilia merasa beruntung diberi napas untuk bisa hidup. Ia lahir dengan penyakit jantung serius yang disebut Atrioventricular Septal Defect with Left Atrial Isomerism, yang berarti ada lubang di antara bilik kedua sisi jantungnya.

Baca Juga: Gagal Jantung hingga Kematian, Bahaya Hipertensi Tak Dikelola

Blogger ini sempat menjalani operasi kecil pada usia enam bulan dan operasi bypass besar pertamanya pada usia dua tahun, tetapi ia relatif sehat sampai berusia sekitar delapan tahun. Selama beberapa tahun belakang, kesehatannya mulai memburuk karena jantungnya tidak berfungsi dengan baik.

"Menjadi lesu dan berjuang untuk mengikuti teman-teman saya. Saya harus melepaskan hobi favorit saya termasuk berenang dan menari, dan kualitas hidup saya mulai menurun. Bahkan menyelesaikan satu hari sekolah pun menjadi sulit," Cecilia menjelaskan.

Pada bulan April 2010, pada usia 10 tahun, tim jantungnya memutuskan bahwa untuk operasi jantung untuk ketiga kalinya untuk meningkatkan fungsinya dan mencoba serta meringankan gejala. Sayangnya jantungnya yang lemah dan buruk tidak dapat mengatasi perubahan besar yang dibuat dan ia malah mengalami serangan jantung pada malam berikutnya.

"Terjadi gagal jantung stadium akhir. Saya tidak sadarkan diri pada bantuan hidup penuh di unit perawatan intensif dan selama beberapa bulan berikutnya, hidup saya tergantung pada alat medis," tuturnya.

Selama empat bulan dan setiap hari muncul masalah baru yang mengancam jiwa. Akhirnya, diputuskan bahwa transplantasi jantung adalah satu-satunya cara agar ia dapat bertahan hidup. Ketika orang tuanya memberi tahu bahwa ia membutuhkan jantung yang baru, itu adalah pertama kalinya ia melihat ayah saya menangis.

"Saya diprioritaskan sebagai pasien paling mendesak dalam daftar tunggu transplantasi organ di seluruh Eropa, meskipun masih sebulan sebelum jantung yang cocok tersedia. Orang tua saya yang ketakutan mengikuti saya ke teater, bersiap untuk berpisah dengan saya untuk terakhir kalinya," papar Cecilia.

Operasi transplantasi tidaklah mudah. Butuh 12 jam dan ia mengalami serangan jantung lagi. Saat itu, belum jelas apakah transplantasi berhasil atau tidak, namun orang tuanya selalu berada di samping.

"Jalan menuju pemulihan berliku. Saya menggunakan dukungan hidup selama tiga bulan lagi, menjadikannya tugas delapan bulan sama sekali," ungkapnya.

Dokter akhirnya memperbolehkan pulang tepat pada waktu Natal 2010. Sayangnya, sakit yang begitu lama telah mendatangkan malapetaka pada tubuhnya dan meskipun jantungnya baik-baik saja, gagal ginjal terjadi dan ia harus menjalani cuci darah.

"Itu sangat membuat frustrasi; Saya kehilangan lebih banyak sekolah dan merasa sulit untuk berintegrasi ke dalam kehidupan normal. Saya juga benar-benar kehilangan kemampuan untuk berjalan karena saya menderita kerusakan saraf yang parah di kaki saya,” ucapnya.

“Ini adalah hal tersulit untuk dijalani-tiba-tiba harus menggunakan kursi roda adalah penyesuaian besar dan saya merindukan kebebasan saya," katanya menambahkan.

Cecilia akhirnya harus menjalani transplantasi ginjal juga, dan setelah satu setengah tahun menjalani dialisis, ibunya menyumbangkan salah satu ginjalnya. Untuk kedua kalinya, ia diberi kesempatan hidup baru.

Dan setelah fisioterapi intensif dan operasi kaki besar pada tahun 2013, ia akhirnya mendapatkan kembali kemampuan untuk berjalan meskipun dokter sempat mengatakan hal itu tak mungkin terjadi.

Ia mengaku memiliki bekas luka di sekujur tubuhnya. Terutama, saat transplantasi jantung yang meninggalkan bekas luka bergerigi dan tidak rapi di tengah dada dan bekas luka kecil yang tidak rata di seluruh tubuh saya dari berbagai drainase dada dan kateter.

Namun, tahun lalu ia memberanikan diri mengambil bagian dalam pemotretan telanjang untuk akun Instagram bernama Behind The Scars, sebuah kampanye yang merayakan luka orang dan kisah di baliknya. Setelah mengikuti akun tersebut beberapa lama, dan melihat sejumlah orang berpose, ia merasa terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

"Saya ingin menunjukkan bahwa memiliki bekas luka bukanlah hal yang tidak biasa atau tidak menarik, tetapi sesuatu yang istimewa. Bekas luka saya adalah akibat dari trauma tapi tetap indah," jelasnya.

Diakuinya, saat itu terasa seperti berada di luar zona nyaman selama pemotretan. Butuh banyak waktu untuk menunjukkan bekas lukanya, yang tentu saja membuatnya sadar diri, kepada dunia. Namun, tanggapan yang ia terima sangat mendukung.

“Saya mendapat begitu banyak pesan dari orang-orang yang mengatakan kepada saya bahwa saya telah mendorong mereka untuk merasa lebih nyaman dan menerima bekas luka mereka sendiri. Itu adalah momen yang sangat indah,” Cecilia mengisahkan.

Meskipun saya ingin menunjukkan bekas luka untuk meningkatkan kepercayaan diri, mereka juga terus mengingatkan saya tentang semua yang telah berhasil saya atasi," tambahnya.

Hampir tak dipercaya, saat berlibur di Turki pada tahun 2014, pada usia 14 tahun, ia didiagnosis menderita tumor otak dan dokter kemudian menemukan total empat tumor, yang semuanya terkait dengan transplantasinya.

Setelah radioterapi dan kemoterapi, tumornya kini dapat dikendalikan dan tidak lagi mempengaruhi. Penyakit yang hadir bertubi-tubi nyatanya tak menyurutkan semangatnya.

"Dengan dukungan yang tak tergoyahkan dari keluarga saya, saya dapat kuliah di universitas dengan teman sebaya saya yang lain, setelah menyelesaikan GCSE saya sambil menjalani perawatan kanker dan kehilangan total dua tahun sekolah. Saya lulus tahun ini dengan gelar kelas satu di bidang jurnalisme," ujarnya.

"Saya sekarang mencari pekerjaan, tetapi sementara itu, saya memiliki saluran YouTube dan blog yang didedikasikan untuk mempromosikan donasi organ. Saya juga menjadi model dan saya ingin menggunakan cerita saya untuk memotivasi siapa pun dengan 'perbedaan' yang terlihat untuk mencintai diri sendiri apa adanya," tutup Cecilia.