Ustaz Khalid Basalamah: Begini Romantis yang Benar Menurut Islam

Ilustrasi romantis
Sumber :
  • Pixabay/ TerriC

VIVA – Mencintai pasangan merupakan suatu keharusan. Namun, ajaran agama Islam mengajarkan, cinta kita kepada pasangan, tidak boleh melebihi cinta kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. 

Itulah intisari yang dikemukakan oleh Ustaz Khalid Basalamah melalui sebuah konten di YouTube. Dalam video tersebut, pendakwah kondang itu turut memberikan contoh perilaku yang melebihi cinta kita kepada Allah SWT.

Seperti apa pernyataan Ustaz Khalid Basalamah soal definisi romentisme menurut pandangan Islam? simak ulasannya berikut ini:

"Misal mau salat ditahan, 'udah gak usah salat dulu sama aku aja', ini gak boleh. Allah dan Rasul perintahkan salat, harus mendahului salat. Bahkan kalau perlu saling topang, kalau kita sayang sama pasangan kita bangunin (buat salat)," ujarnya dalam konten video di channel YouTube Gazwah TV, dikutip VIVA, Rabu 13 Januari 2021. 

Ustaz Khalid pun memperkuat pernyataannya dengan membacakan sebuah hadis, tentang perintah suami membangunkan istri untuk beribadah bersama. 

"Ingat sabda Nabi SAW: Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun tengah malam kemudian dia bangunkan istrinya," lanjut dia. 

"Jadi, kalau dia cinta bangunkan istrinya, kalau istrinya nolak untuk salat bersama percikin air di wajahnya, bangun. Romantis dalam Islam adalah dilakukan pada saat beribadah berdua," sambung Ustaz Khalid. 

Menurut ulama tersebut, kita tidak boleh terpengaruh oleh film. Sebab, banyak film yang mempertontonkan keromantisan non muslim. Termasuk bercumbu di tempat umum. 

"Ini bukan romantis sama sekali, romantis dari mana pasangan kita dilihat orang lain. Ini salah pemahamannya. Romantis itu justru berduaan di ranjang, di kamar, di tempat yang tertutup dan mereka bebas melakukan apa saja. Makanya pemahaman yang salah ini harus diluruskan," tutur Ustaz Khalid Basalamah.