Kampung KB di Kabupaten Gowa Terbaik Se-Indonesia

Pencanangan Kampung KB
Sumber :
  • VIVA/Yasir

VIVA – Desa Bili-Bili Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa menjadi Centre of Excellence (Pusat Percontohan) Kampung KB di Indonesia. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Badan Kependudukan Keluarga Berencana Negara (BKKBN) menobatkan Kabupaten Gowa sebagai kampung KB terbaik se-Indonesia.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gowa Sofyan Daud mengatakan, apresiasi yang diberikan oleh BKBN pusat menjadi pengembangan kampung KB se-Indonesia berkat inovasi rumah data yang telah dibangun.

"Waktu membangun rumah dataku di Dusun Biring Jene, Desa Bili-Bili, Kecamatan Bontomarannu. Inovasi rumah dataku tersebut juga disaksikan beberapa kepala BKKBN daerah lain dan pusat," kata Sofyan, Selasa, 12 Desember 2018.

Menurutnya, perkembangan kampung KB di Kabupaten Gowa menjadi perbincangan nasional. Bahkan beberapa daerah telah melakukan kunjungan untuk belajar perkembangan kampung KB di Kabupaten Gowa.

"Kita bersyukur karena Kabupaten Gowa mendapat kepercayaan sebagai kampung KB terbaik se-Indonesia. Seluruh proses yang terjadi di Kampung KB Desa Bili-bili menjadi objek yang akan dijadikan sebagai perbandingan atau komparasi pelaksanaan Kampung KB di Indonesia, Kampung KB di Gowa juga menjadi tempat belajar," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Gowa Muchlis mengungkapkan, melalui Kampung KB yang kini tersebar di 27 desa di Kabupaten Gowa, diharapkan mampu meningkatkan derajat ekonomi masyarakat prasejahtera di Kabupaten Gowa. Bagai bantuan bisa diberikan seperti perbaikan rumah tidak layak huni atau bantuan kecukupan pangan. Apalagi banyak program-program dari pusat maupun program lintas SKPD yang bisa disinergikan untuk kemajuan kampung KB.

"Kita berharap kesuksesan cerita Kampung KB di negara mau seperti Jepang dapat terulang di kampung KB yang ada di Gowa," kata Muchlis.(nsa)