Sering Konsumsi Kerang Hijau, Bahayakah?

Kerang hijau di Alun-Alun Karimunjawa, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka (Malang)

VIVA – Kerang hijau salah satu sajian makanan laut yang banyak digemari. kerang jenis ini juga kerap dijajakan di pinggir jalan sebagai camilan menggugah selera, apalagi jika ditambahkan saus sambal sebagai pelengkap.

Sepintas terlihat nikmat, tapi bagaimana dengan kandungan gizi dan manfaat lainnya? Kerang hijau bagi masyarakat, tak hanya dianggap memiliki gizi tinggi, tapi juga cukup murah dibanding seafood lainnya seperti ikan atau kepiting.

Namun sayang sejak tahun 90-an, santer beredar rumor tentang bahaya mengkonsumsi kerang hijau terutama kerang-kerang hasil tangkapan dari laut sekitar Jakarta dan Tangerang yang sudah tercemar. Lantas masih sehatkah kerang hijau dikonsumsi?

Spesialis gizi klinis, dr Verawati Sudarma, MGizi, SpGK akan membahwasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, pukul 13.00-14.00 WIB. 

Di segmen lainnya, AHS juga akan membahas soal tekanan darah tinggi dan kaitannya dengan serangan jantung. Benarkah hipertensi menyebabkan serangan jantung? Temukan jawabannya lewat tayangan AHS live streaming di laman ini. (ldp)