Kaya Nutrisi, Daun Kelor Efektif Cegah Anemia

Ilustrasi daun kelor.
Sumber :
  • Pixabay/Iskandar63

VIVA – Saat ini Daun Kelor menjadi populer meski sebelumnya daun yang memiliki bentuk bulat-bulat kecil ini jarang dibicarakan orang. Belakangan daun ini digadang-gadang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Konon katanya daun kelor dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit jika dikonsumsi secara rutin seperti dapat mengatasi hipertensi, kanker, sembelit, anti penuan hingga penyakit dapat menurunkan panas pada tubuh. Dituturkan spesialis farmakologi klinis dr Lonah SpFK, salah satu manfaat daun kelor yaitu mencegah anemia.

"Daun kelor nutrisi vitamin dan mineralnya lengkap yaitu vitamin C, B, FE, dan asam amino. Tergantung penyebab anemianya, kalau karena kekurangan kandungan itu, daun kelor bisa jadi bahan pangan fungsional untuk cegah anemia," papar dokter Lonah dalam Ayo Hidup Sehat, di tvOne, Senin 23 Desember 2019.

Selain anemia, daun kelor juga bermanfaat untuk membuat wajah nampak awet muda. Hal ini membuat daun kelor juga baik bagi para wanita yang ingin merawat kecantikkannya secara alami.

"Asal pengolahannya benar, jangan dimasak terlalu lama. Panas berlebihan akan rusak senyawa dan vitaminnya," jelasnya.

Bahkan, kandungan baik di dalam daun kelor juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan begitu, kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi bisa distabilkan.

"Senyawanya bisa buat tubuh sehat dan perbaiki metabolisme tubuh sehingga terhindar dari peningkatan kolesterol dan asam urat. Selain konsumsi daun kelor, makanan lain juga harus dihindari atau batasi seperti asupan lemak jenuh," terangnya.