Rebus Daun Kelor Setiap Hari Sesuai Aturan, Penyakit Kronis Bisa Teratasi

Daun Kelor
Sumber :
  • Pixabay/ Svibhandik

VIVA Lifestyle – Moringa oleifera atau yang lebih dikenal dengan daun kelor merupakan tanaman yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Kelor oleifera adalah tanaman yang telah dipuji karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Ini sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Sejauh ini, para ilmuwan hanya menyelidiki sebagian kecil dari sekian banyak manfaat kesehatan yang diketahui dari daun kelor ini.

Daun kelor mengandung berbagai protein, vitamin, dan mineral. Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini dilansir dari berbagai sumber;
 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Khasiat dari Daun Kelor

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Daun kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman tropis yang terkenal dengan banyak manfaat kesehatan. Daun ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk memanfaatkan khasiat daun kelor adalah dengan merebusnya dan meminum air rebusannya. Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Benarkah dapat dipakai untuk pengobatan kanker? Yuk, simak!

Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting namun dapat menjadi masalah kesehatan yang besar jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan yang berkelanjutan dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Kebanyakan buah-buahan utuh, sayuran, bumbu dan rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi . Namun, sejauh mana bantuannya bergantung pada jenis dan jumlah senyawa antiinflamasi yang dikandungnya.

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanates adalah senyawa antiinflamasi utama pada daun, polong, dan biji kelor. Namun sejauh ini, penelitian masih terbatas pada penelitian pada tabung reaksi dan hewan. Masih harus dilihat apakah Moringa oleifera memiliki efek anti-inflamasi serupa pada manusia.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Pengendalian Diabetes

Teh kelor bisa membantu penderita diabetes mengatur kadar glukosa darah mereka. Banyak penelitian menunjukkan hasil positif pada hewan. Penelitian pada manusia kurang konsisten. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kelor dapat menurunkan kadar glukosa setelah makan. Para peneliti mengatakan bahwa perbedaan antara varietas kelor dan metode penyiapan dapat menyebabkan hasil yang berbeda.

Pengobatan Kanker

Dalam sebuah penelitian laboratorium, kelor memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas manusia dan meningkatkan efek obat kemoterapi. Para peneliti menyatakan bahwa kelor dapat ditoleransi dengan baik oleh hewan laboratorium. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas dan keamanan kelor bagi penderita kanker.

Kesehatan Otak

Dalam sebuah penelitian pada hewan, ekstrak daun kelor memiliki efek positif pada kimia otak. Para peneliti menyimpulkan bahwa kelor harus diteliti sebagai pengobatan penyakit Alzheimer.

Perlindungan Terhadap Penyakit Kronis

Daun pohon kelor mengandung beberapa senyawa yang mampu mencegah penyakit kronis. Zat-zat tersebut antara lain polifenol, tanin, saponin, dan lain-lain. Selain melawan penyakit jantung , kerusakan hati, dan diabetes, senyawa ini juga melawan peradangan kronis.

Menurunkan Gula Darah

Kelor dapat menurunkan kadar gula darah Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Padahal, itu adalah ciri utama diabetes. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga gula darah Anda dalam batas yang sehat.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat membantu menurunkan kadar gula darah . Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia, dan umumnya berkualitas rendah.

Sebuah penelitian pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata sebesar 13,5 persen.

Penelitian kecil lainnya pada enam penderita diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21 persen. Para ilmuwan yakin efek ini disebabkan oleh senyawa tumbuhan seperti isothiocyanates.

Turunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang efektif menurunkan kolesterol . Ini termasuk biji rami, oat dan almond.

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek penurunan kolesterol yang serupa.

Berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Photo :
  • vstory

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun kelor kaya akan vitamin C dan A yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi. Vitamin A juga penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Daun kelor kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan gut microbiome.

Menjaga Kesehatan Tulang

Daun kelor kaya akan kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu memperkuat tulang dan gigi, sedangkan fosfor membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik.

Menjaga Kesehatan Kulit

Daun kelor kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Daun kelor mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Senyawa ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan segar.

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor

Berikut cara membuat daun kelor agar mendapatkan manfaat menakjubkan di dalamnya;

  • Siapkan 10-15 lembar daun kelor segar.
  • Cuci daun kelor hingga bersih.
  • Rebus daun kelor dengan 2 gelas air selama 15-20 menit.
  • Saring air rebusan daun kelor dan minum selagi hangat.

Dosis:

Dosis yang dianjurkan untuk konsumsi rebusan daun kelor adalah 1-2 gelas per hari. Anda dapat menambahkan madu atau lemon untuk meningkatkan rasa.

Peringatan:

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi rebusan daun kelor.
Orang yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi rebusan daun kelor.
Kesimpulan:

Rebusan daun kelor adalah minuman yang menyehatkan dan kaya akan manfaat kesehatan. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan tubuh, Anda dapat mencoba minum rebusan daun kelor secara rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya