Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Ilustrasi Delima
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

Jakarta Buah delima, dengan warna merah menyala dan cita rasa yang khas, bukan hanya menggoda lidah kita tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah perannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Ditanya Apakah Pernah Menangani Pasien Korban Santet? Ini Kata Dokter Forensik Djaja Surya Atmadja

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah delima secara teratur dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap berbagai jenis kanker. Berikut adalah beberapa alasan mengapa buah delima bisa menjadi pilihan yang baik dalam menjaga kesehatan Anda:

1. Kaya Antioksidan

Kabar Terbaru Raja Charles Setelah Diagnosa Kanker, Kehilangan Indra Perasa

Ilustrasi Delima

Photo :
  • Pixabay/ Hans

Buah delima mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk punicalagin, ellagic acid, dan antosianin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu perkembangan kanker.

Pertama di Dunia, Ilmuwan Jepang Ujicoba Obat Penumbuh Gigi Orang Dewasa

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Bentuk lemah virus herpes telah dimodifikasi menyerang sel kanker

Photo :
  • thehealthsite.com

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam buah delima dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama pada kanker payudara, prostat, dan usus besar. Senyawa ini dapat menginduksi apoptosis, yaitu kematian sel kanker, serta menghambat angiogenesis, yaitu pertumbuhan pembuluh darah yang memasok nutrisi ke tumor.

3. Perlindungan DNA

Ilustrasi buah delima.

Photo :
  • Pixabay/cocoparisienne

Ellagic acid dalam buah delima telah terbukti efektif dalam melindungi DNA dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan bahan kimia berbahaya dan radiasi. Perlindungan terhadap integritas DNA adalah langkah penting dalam mencegah mutasi yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

4. Efek Anti-inflamasi

Buah delima.

Photo :
  • spirit.web.id

Buah delima juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk perkembangan kanker, sehingga mengurangi peradangan dapat menjadi strategi penting dalam pencegahan penyakit ini.

5. Meningkatkan Keefektifan Pengobatan Kanker

buah delima

Photo :
  • inmagine

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah delima dapat meningkatkan efektivitas beberapa jenis pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan radioterapi. Senyawa-senyawa dalam buah ini dapat membantu sensitivitas sel kanker terhadap pengobatan, sehingga meningkatkan peluang kesembuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya