Hati-hati, Diabetes Sebabkan Rentetan Penyakit Lain

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Ya, dalam hal kesehatan, membatasi konsumsi gula juga tak kalah penting, salah satunya untuk mencegah penyakit diabetes. 

Pasalnya, penyakit satu ini tidak bisa dianggap remeh. Jika seseorang sudah terkena penyakit diabetes, maka penyakit lain akan ikut membuntuti. Spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro, MS SpGK, pun membenarkan hal tersebut. 

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, dokter Samuel menyebut, diabetes dikenal sebagai ibu dari segala macam penyakit. Apa artinya? 

"Artinya, kalau seseorang sampai kena diabetes, hati-hati nanti penyakit penyertanya akan datang beruntun. Diabetes, gula darah yang tinggi, lama-lama pembuluh darah di jantung dan otak bisa mengalami kekakuan penyumbatan," ujarnya di studio tvOne, Rabu 5 Agustus 2020. 

Baca Juga: Hadi Pranoto Sebut Orang Kementerian Sudah Pakai Obat Herbalnya

Kemudian, lebih lanjut dokter Samuel menjelaskan, gula darah yang tinggi akan mengakibatkan dislipidemia atau kolesterol tinggi. Sedangkan kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, bisa menimbulkan masalah lain yang tak kalah berbahaya. 

"Dislipid itu kolesterolnya tinggi, LDL tinggi, total kolesterolnya tinggi. Belum lagi kalau diperiksa LDL yang kecil itu yang berbahaya. Jadi, penyakitnya itu bisa macem-macem," kata dia. 

Menurut Samuel, sumber dari penyakit diabetes kemungkinan besar adalah kegemukan. Orang-orang yang menderita obesitas, sangat berisiko menderita diabetes. Jadi, yang terpenting adalah mengatur pola makan agar tidak berlebihan, supaya berat badannya bisa turun. 

"Tapi, karena punya penyakit yang beragam itu, turunnya berat badan harus pelan-pelan. Jangan satu bulan 10 Kg. Nah, setelah itu jenis makanannya harus diatur. Yang tidak boleh yang mengandung gula, jadi manis-manis harus dihindari. Makan buah pun harus dihindari yang terlalu matang. Makan buah yang paling bagus untuk orang diabetes atau mencegah adalah alpukat," tutur Samuel.