Badminton, Olahraga Paling Sering Sebabkan Cedera Mata

Ilustrasi mata/bulu mata.
Sumber :
  • Freepik/javi_indy

VIVA – Beragam jenis olahraga baik untuk dilakukan dan memberi manfaat menakjubkan pada tubuh, termasuk badminton. Namun, olahraga favorit banyak orang itu ternyata bisa memicu cedera mata.

Ketua Ophthalmic Trauma Service JEC, Dr Yunia Irawati SpM(K), mengatakan bahwa jenis olahraga apapun berpotensi memicu cedera. Termasuk Badminton yang menempati urutan atas dalam survey JEC.

"Dua puluh lima persen disebabkan bulu kok dan 12,5 persen disebabkan raket badminton," ujar dokter Ira, dalam Talkshow Virtual JEC, belum lama ini.

Baca juga: Wajib Tahu, Pertolongan Pertama Cedera Mata

Selain itu, beragam jenis olahraga yang melibatkan bola juga berada di urutan setelahnya lantaran mudah mengenai mata. Bahkan, sepanjang 2012 hingga 2019 di JEC @ Menteng dan JEC @ Kedoya terdata adanya 534 kasus trauma mata.

Adapun kasus tersebut terdiri dari 161 kasus trauma tertutup dan 167 kasus trauma terbuka. Beberapa di antaranya bahkan harus menjalani tindakan pembedahan lebih lanjut. 

Memahami kegawatdaruratan ophthalmic trauma, pihaknya telah menghadirkan Ophthalmic Trauma Service. Penanganan dilakukan dengan mengantisipasi risiko agar trauma di mata benar-benar sembuh.

“Kasus trauma mata tidak selalu berdampak pada bagian mata yang mengalami benturan, tetapi juga pada jaringan di sekitarnya. Penanganan trauma mata yang kami tawarkan mengimplementasikan sistem yang komprehensif, mulai diagnosis hingga tatalaksana, serta tahap pemantauan dan rehabilitasi pasca tindakan, untuk mengantisipasi risiko dampak hingga penanganan pasien berlangsung tuntas,” terang dia.