Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

ilustrasi kelopak mata
Sumber :
  • freepik/valuavitaly

VIVA Lifestyle – Lensa kontak menjadi salah satu alternatif bagi pengguna yang membutuhkan koreksi penglihatan. Selain itu, pemilihan lensa kontak juga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas. 

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

Namun pemilihan lensa kontak yang kurang tepat dapat menyebabkan iritasi mata bahkan menyebabkan infeksi. Benarkah? Yuk, scroll untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Memilih lensa kontak yang tepat dan berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan mata Anda. Lensa kontak yang tidak sesuai atau berkualitas rendah dapat menyebabkan berbagai masalah mata yang serius. Berikut 5 di antaranya. 

Sambung Bulu Mata Wanita Ini Malah Kehilangan Penglihatan, Kok Bisa?

Ilustrasi mata berair

Photo :
  • Pexels

Iritasi dan gatal pada mata
Lensa kontak yang tidak pas atau terbuat dari bahan yang tidak berkualitas dapat menggores kornea mata, menyebabkan kemerahan, iritasi, dan gatal.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Infeksi mata
Lensa kontak yang terkontaminasi bakteri atau jamur dapat menyebabkan infeksi mata yang serius, seperti keratitis dan konjungtivitis. Infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti kebutaan permanen.

Alergi mata
Beberapa orang alergi terhadap bahan yang digunakan dalam lensa kontak, seperti silikon hidrogel atau hidrofil. Alergi ini dapat menyebabkan gatal, kemerahan, dan pembengkakan pada mata.

Sindrom mata kering
Lensa kontak dapat memperburuk sindrom mata kering, yang merupakan kondisi di mana mata tidak menghasilkan air mata yang cukup untuk menjaganya tetap lembap.

Kerusakan kornea
Lensa kontak yang tidak pas atau dipakai terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada kornea, lapisan luar mata yang bening. Kerusakan kornea dapat menyebabkan penglihatan kabur dan bahkan kebutaan permanen.

Mengatasi masalah tersebut, Alcon yang merupakan perusahaan perawatan kesehatan mata dunia dengan pengalaman lebih dari 7 dekade, meluncurkan lensa kontak PRECISION1. Ini merupakan lensa kontak harian yang diklaim dibuat dengan teknologi terkini, SmartSurfatecm, di mana permukaan lensanya mengandung 80 persen air. PRECISION1 juga hadir dengan perlindungan tambahan dari sinar UV Kelas 1.

Cluster Franchise Head-Vision Care Alcon, Patcharin Chamnoot mengatakan, berdasarkan survei, pemakai lensa kontak lebih menyukai lensa kontak PRECISION1 lima kali dibandingkan dengan lensa kontak lain.

“PRECISION1 menghadirkan lensa kontak yang mudah dipakai dengan durasi kenyamanan pemakaian hingga 16 jam. Survei menunjukkan 8 dari 10 pengguna lensa kontak PRECISION1 setuju bahwa penglihatan mereka tetap jelas dan akurat sepanjang hari, bahkan setelah pemakaian selama 16 jam,” kata Patricia Chamnoot, dalam keterangannya, dikutip Kamis 25 April 2024. 

Sanaullah Soomro selaku Commercial Manager Alcon menambahkan, PRECISION1 merupakan solusi bagi setiap orang yang menghabiskan durasi lama di depan layar handphone, laptop atau PC, tablet, dan digital devices lainnya. 

"Solusi menggunakan lensa kontak dengan nyaman berkat teknologi Smartsurfacetm," tuturnya. 

Direktur Utama AAM, Juliwaty mengatakan bahwa kerja sama dengan Alcon, merupakan komitmen AAM untuk meningkatkan kualitas penglihatan mata masyarakat Indonesia dan ketersediaan akses untuk produk kesehatan mata yang berkualitas.

“AAM berkomitmen untuk memberikan alat kesehatan mata berkualitas untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dengan memastikan produk Alcon tersedia di seluruh relasi dan mitra AAM,” ungkap Juliwaty.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya