Manfaat Essensial Oil, Perbaiki Saluran Pernapasan hingga Imunitas

Minyak esensial
Sumber :
  • pixabay/devanath

VIVA – Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran, essential oil atau minyak esensial juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gejala PMS, hingga memperbaiki suasana hati.

Namun, lebih dari itu, ternyata menghirup essential oil dapat membantu melegakan pernapasan. Medical Doctor, dr. Reinita Arlin Baskoro, turut menjelaskan mengenai hal ini.

Baca Juga: Cara Minyak Esensial Membuat Tubuh Rileks

"Justru untuk saluran pernapasan, prinsipnya adalah apa pun yang bisa membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega, itu bagus untuk dipakai," ujarnya saat Virtual Launching Tupperware Premium Essential Oil, Selasa 15 September 2020.

Menurut host program Hidup Sehat di tvOne itu, pada prinsipnya saluran pernapasan bentuknya seperti pipa, begitupun dengan pembuluh darah. Jika berkontraksi, maka oksigen akan sulit untuk keluar dan masuk.

"Pembuluh darah juga, kalau dia berkontraksi otomatis dia juga akan susah untuk memberikan asupan darah dan oksigen. Dan juga pasti tekanan darahnya bisa menjadi lebih tinggi," lanjut dia.

Jadi, jika ada essential oil yang bisa membuat bronkodilatasi, atau membuat salurannya menjadi lebih lebar, menurut dokter Arlin itu akan jauh lebih bagus. Nah, salah satu yang bisa membuat saluran pernapasan bronkodilatasi itu adalah saat kita merasa happy dan tidak stres.

"Pada saat kita stres akan keluar hormon kortisol dan itu semua akan mengubah sistem metabolisme di dalam tubuh kita. Salah satunya adalah tekanan darah kita bisa meningkat," kata dia.

Kebalikannya, jika yang keluar adalah hormon endorfin atau hormon bahagia, hormon yang keluar pada saat kita berolahraga atau mencium bau-bauan yang enak, seperti t oil, justru itu efeknya akan sangat bagus di kemudian hari.

"Sistem metabolisme kita akan semakin baik, karena hormon yang keluar adalah hormon yang happy. Dan juga ternyata secara penelitian, semakin lama kita happy, semakin lama hormon endorfinnya keluar," lanjut dia.

"Ternyata metabolisme tubuhnya akan semakin meningkat sehingga sistem imunitas tubuhnya juga semakin meningkat. Dan itu yang sangat kita perlukan di era pandemi ini," tutur dokter Erlin.

Frangky Angelo Purnomo, Head of Product Development & Communication Tupperware Indonesia, menambahkan setiap aroma essential oil, ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda.

"Aroma lavender mampu memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi kecemasan. Essential oil dengan wangi peppermint, bisa meregangkan otot tegang, menenangkan masalah pencernaan dan meningkatkan fokus. Sedangkan lemongrass, dapat meningkatkan energi dan membunuh kuman," tutup Frangky Angelo Purnomo.