8 Obat Diare yang Manjur Bisa Dibeli Bebas di Apotek, Apa Saja?

Ilustrasi vitamin, obat, suplemen
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Capek bolak-balik ke toilet untuk buang air besar gara-gara diare? Hal ini pasti sangat menganggu. Apalagi, jika perkerjaan menumpuk dan tiba-tiba saja masalah kesehatan yang menganggu seperti diare tiba-tiba datang. 

Seperti diketahui, diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering buang air besar dengan kondisi feses yang encer. Umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri atau parasit. 

Diare yang dialami seseorang bisa berlangsung hanya beberapa hari, tapi pada kondisi kronis, diare bahkan bisa terjadi selama berminggu-minggu. Tapi kamu harus waspada saat diare menyebabkan dehidrasi parah, segera pergi ke dokter agar kondisinya tidak semakin memburuk. 

Gejala diare sendiri bervariasi, mulai dari perut mulas, feses atau tinja encer bahkan pada sebagian orang disertai darah, dehidrasi, pusing, lemas dan kulit kering. 

Untuk pengobatan dan pencegahannya, kamu bisa konsumsi cairan elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Selama diare masih terjadi, usahakan konsumsi makanan yang lunak.

Dan sebagai pertolongan pertama untuk memulihkan diare, kamu juga bisa mengkonsumsi obat diare. Ada beberapa rekomendasi obat diare yang manjur yang bisa kamu beli di apotek. Ini bisa jadi pertolongan awal untuk menghentikan diare. Tapi kalau diare tak kunjung sembuh, mau gak mau, buru-buru cek ke dokter untuk menangani kondisi kamu agar tidak makin parah. 

Mau tahu obat diare yang bisa kamu konsumsi sementara untuk menyembuhkan diare? Yuk simak 8 jenis obat diare yang manjur, mulai dari karbon aktif, kaolin pectin hingga suplemen probiotik. Cek manfaat lengkapnya serta indikasinya dengan klik tautan ini.