dr Zaidul Akbar: Wanita Kenali 3 Tanda Menstruasi Bermasalah

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.
Sumber :
  • Pixabay/Saranya7

VIVA – Tak sedikit perempuan memiliki masalah kesehatan yang ternyata bermula dari siklus menstruasinya. Terlebih saat siklus bulanan itu tiba, ada beberapa tanda bahwa menstruasi tak sehat. Seperti apa?

Siklus menstruasi pada perempuan seharusnya rutin terjadi setiap bulan agar tubuh tetap sehat. Pada saat itu, darah harus dikeluarkan agar tak memicu masalah di kemudian hari sehingga timbul penyakit. Sayangnya, banyak perempuan tak menyadari kaitan antara keduanya.

"Perempuan kalau udah mensnya bermasalah maka semua masalah kesehatan lain akan muncul," ujar pendakwah Zaidul Akbar, dalam kanal Youtube Menjadi Taat, dikutip Jumat, 10 September 2021.

Dituturkan pendakwah sekaligus praktisi medis itu, perempuan harus peka mengenali siklus menstruasinya. Apabila terjadi dalam waktu yang terlalu lama atau ada keluhan di masa menstruasi, harus diwaspadai sejak dini.

"Masalah menstruasi itu ada 3 tandanya. Waktunya yang lama, nyeri berlebihan, dan jumlahnya berlebihan," jelasnya.

Ada pun jumlah rata-rata darah menstruasi tiap bulannya sekitat 30-40 ml atau setara beberapa sendok makan. Siklus menstruasi sendiri berbeda-beda pada tiap wanita namun umumnya sekitar 28 hari. 

Untuk nyeri, seharusnya tak terasa berlebihan hingga berhari-hari dan mengganggu aktivitas. Jika nyeri terasa mengganggu, disarankan segera memeriksakan kondisi tubuh pada dokter profesional.

"Wanita menstruasi harusnya mens aja, muncul darah, 5 hari kemudian selesai, normal aja. Nggak ada nyeri. Kalau udah nyeri, ada yang nggak beres," imbuhnya.