Cegah COVID-19, Resep Herbal Zaidul Akbar Ampuh Buang Lendir

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Tanaman rimpang menjadi salah satu herbal yang kerap digunakan untuk banyak manfaat kesehatan seperti jahe dan kencur. Tak heran, banyak resep minuman yang menggunakan jenis tanaman rimpang tersebut agar tubuh tetap bugar saat pandemi COVID-19.

Salah satu gejala yang dialami masyarakat ketika terinfeksi berbagai varian COVID-19 cenderung merangkap pada sistem pernapasan, baik itu saluran pernapasan atas maupun bawah. Untuk itu, pendakwah sekaligus pakar medis Zaidul Akbar menyebut ada cara mudah untuk menuntaskan gejala di sistem pernapasan tersebut yakni dengan konsumsi minuman herbal.

"Resep ini sangat baik untuk membersihkan lendir di saluran nafas dan paru dan juga menghangatkan paru dan saluran nafas dari adanya jahe dan cengkeh disini," tuturnya dikutip dari akun Instagramnya.

Bahan-bahannya pun mudah dijangkau dengan hanya empat hal yaitu jahe, kencur, cengker dan garam mineral non refinasi. Tak ada takaran pasti, namun pemakaiannya cukup disesuaikan selera selama tidak ada pantangan mengonsumsinya.

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan layar

"Tinggal masukan ke dalam segelas air panas, nggak perlu mendidih, air panas biasa aja. Lalu ya tunggu bahan larut semua dan bisa dimasukan madu secukupnya atau ya di minum seperti itu aja boleh," imbuhnya.

Zaidul Akbar menyarankan agar rutin mengonsumsi minuman herbal tersebut sebanyak 1-2 kali sehari saat ada masalah di saluran pernapasan atau paru. Apabila hendak berniat menghangatkan saluran napas saja, cukup dikonsumsi sehari sekali.

"Sebenarnya manfaat nya jauh lebih besar dari yang tadi sih, karena khasiat jahe, cengkeh, kencur ini banyak sekali, mulai dari antioksidan, mineral, antinkanker, antiseptik, yang berlimpah pada tiga bahan tersebut," pungkasnya.