India Gratiskan Operasi Ganti Kelamin Transgender di Seluruh RS

ilustrasi operasi transgender.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – India mengumumkan informasi terbaru mengenai operasi plastik terkait transgender di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Dalam informasi terbaru tersebut, seluruh rumah sakit milik pemerintah mengizinkan operasi penggantian kelamin (OPK) di seluruh rumah sakit pemerintah Delhi.

Dikutip dari laman The Health Site, transgender saat ini dapat memanfaatkan Operasi Penggantian Kelamin (SRS) gratis di semua rumah sakit pemerintah Delhi yang memiliki 'Bangsal Pengganti dan Operasi Plastik' dan ahli bedah plastik. Terkait hal ini, surat edaran telah dikirimkan ke seluruh rumah sakit pemerintah di ibu kota negara India. Scroll lebih lanjut.

Pengumuman tersebut merupakan pencapaian besar bagi Komisi Wanita Delhi (DCW), yang telah membahas masalah ini selama beberapa bulan dengan Departemen Kesehatan, Pemerintah Delhi. Komisi mengatakan, karena kurangnya fasilitas untuk prosedur seperti itu di rumah sakit pemerintah, para transgender terpaksa pergi ke rumah sakit swasta untuk melakukan operasi, yang menelan biaya hingga 10-15 lakh atau setara Rp197 juta.

Ilustrasi transgender.

Photo :
  • Newslocker

"Ketika semua fasilitas di Rumah Sakit Pemerintah di Delhi gratis, mengapa transgender harus membayar untuk prosedur yang sangat penting bagi kehidupan mereka," kata Kepala DCW Swati Maliwal.

Dampak Bagi Komunitas Transgender

Unjuk rasa komunitas transgender.

Photo :
  • www.about.com

Atas desakan kepala DCW, Departemen Kesehatan sebelumnya telah membentuk sebuah komite di bawah Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (DGHS), GNCTD untuk memeriksa masalah tersebut. DGHS kemudian memberi tahu Komisi bahwa Departemen Luka Bakar & Plastik Rumah Sakit Guru Teg Bahadur telah mulai memberikan Operasi Penggantian Kelamin secara gratis.

Tetapi Maliwal kembali menulis kepada Departemen Kesehatan merekomendasikan, fasilitas SRS harus tersedia di semua rumah sakit yang memiliki bangsal operasi 'Burn & Plastic' dan ahli bedah plastik. Komisi mengatakan pada hari Sabtu, Direktorat Layanan Kesehatan telah diberitahu bahwa semua rumah sakit pemerintah di Delhi yang memiliki Bangsal Luka Bakar dan Plastik telah diminta untuk mulai memberikan operasi penggantian kelamin gratis kepada para transgender.

Operasi ganti kelamin, yang juga dikenal sebagai operasi pergantian jenis kelamin atau rekonstruksi alat kelamin, adalah pembedahan yang merubah struktur seksual (jenis kelamin) seseorang, baik dari segi penampilan dan fungsi, dari seorang pria menjadi seorang wanita, atau sebaliknya. Operasi ini, secara medis juga dikenal sebagai feminisasi atau maskulinisasi, genitoplasti, penektomi atau vaginoplasti, orkiektomi, atau faloplasti, tergantung dari jenis kelamin asli dan jenis kelamin yang diinginkan.

Hal ini dimanfaatkan oleh pribadi transgender untuk beralih dari gender ataukarakteristik sesuai jenis kelamin biologis mereka, menjadi sesuai dengan jenis kelamin yang diinginkan, sebagai perawatan untuk kelainan yang disebut disforia gender. Operasi ini seharusnya hanya dilakukan pada orang yang sehat secara mental, yang ditentukan melalui evaluasi kesehatan mental sebelum operasi.