Makanan Laut yang Punya Kadar Vitamin B12 Tinggi

Ilustrasi Kerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dodi Handoko

VIVA.co.id – Vitamin B12 adalah nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Meskipun tidak memberikan sumber energi, kekurangan vitamin ini akan menyebabkan keletihan.

Tak hanya itu, vitamin B12 membantu mengatur sistem saraf, mengurangi depresi, dan stres. Untuk kecantikan, vitamin ini baik untuk menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat.

Perlu diketahui bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan 2-4 mikrogram vitamin B12 setiap hari. Bagi yang gemar makanan laut, jumlah ini bukan masalah. Kadar vitamin ini juga bisa ditemukan pada daging. Namun faktanya, 2,5 ons makanan laut sudah dapat mencukupi kebutuhan tersebut bahkan lebih ketimbang daging.

Apa saja makanan selain daging yang bisa memberikan asupan vitamin B12? Berikut di antaranya dikutip dari laman Huffington Post.

Remis besar (clam)

Makanan laut ini adalah sumber vitamin B12 paling bagus. Dalam 2,5 ons remis ini terdapat sekitar 75 mikrogram vitamin B12 di dalamnya.

Hati

Bagian ini sudah dikenal dengan gizinya yang baik. Pada 2,5 ons hati domba atau sapi mengandung 52 hingga 64 mikrogram vitamin B12. Sementara itu, hati ayam atau babi mengandung 12 hingga 16 mikrogram saja.

Tiram

Tiram diketahui mengandung 18 hingga 26 mikrogram vitamin B12.

Tuna Bluefin

Baik dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu, 2,5 ons tuna mengandung 8 hingga 9 mikrogram B12.

Kepiting

Kepiting (king crab) satu porsinya mengandung 8,6 mikrogram B12.

Ikan air tawar (trout)

Ikan ini biasanya mengandung 3,7 hingga 5,6 mikrogram vitamin B12. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan dengan salmon yang hanya 2,3 mikrogram.

Daging

Setiap potong daging memiliki kadar vitamin B12 yang berbeda. Daging giling rata-rata memiliki 2,5 mikrogram B12, sedangkan olahan lain mengandung 1,3 hingga 2,5 mikrogram.

Masih banyak sumber B12 lain yang bisa Anda temui seperti produk olahan susu dan keju, serta telur. Bagi yang menjalani diet, Anda bisa mencari sereal yang diperkaya dengan vitamin B12 atau mengonsumsi suplemen B12 sesuai saran dokter.