15 Makanan yang Tak Perlu Disimpan di Lemari Es

Ilustrasi lemari es atau kulkas
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - Lemari es adalah salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki setiap keluarga. Lemari es bermanfaat untuk membantu menyimpan dan menjaga kualitas makanan. 

Namun, tahu kah Anda bahwa lemari es mampu mengubah cita rasa makanan?

Ya, terdapat beberapa jenis makanan yang tidak perlu Anda simpan di lemari es karena justru akan merusak kualitasnya dan bahkan membuat jamur berkembangbiak. Untuk itu, ketahui 15 makanan yang tak perlu repot-repot disimpan di lemari es seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Roti

Memang sah-sah saja menyimpan roti di dalam lemari es. Namun, hal ini akan menyebabkan roti lebih cepat kering. Untuk itu, ada baiknya menyimpan roti di dalam suhu ruangan. Tanpa lemari es roti juga akan tahan cukup lama yakni selama empat hari.

Tumbuhan herbal

Tumbuh-tumbuhan herbal yang biasa digunakan untuk memasak seperti basil, rosemary, oregano, daun mint dan sebagainya tak perlu disimpan di dalam lemari es karena justru akan membuat mereka cepat layu. Anda bisa menyimpannya di dalam gelas atau stoples berisi air bersih dan meletakkannya di meja dapur agar mereka tetap segar dan renyah.

Kentang

Tahu kah Anda bahwa suhu dingin mampu memengaruhi rasa kentang? Oleh karena itu, sebaiknya simpan kentang di dalam kantong kertas. Kantong plastik mampu membuat udara menjadi lembap dan mempercepat proses pembusukan.

Beberapa jenis buah-buahan

Beberapa jenis buah seperti alpukat, apel, pisang, jeruk, berry, peach, aprikot, dan melon harus disimpan di luar lemari es. Itu karena suhu dingin akan mereka kehilangan rasa dan tekstur.

Namun, Anda dapat mendinginkan buah-buahan tadi selama 30 menit sebelum dikonsumsi jika Anda ingin menyantap buah yang segar dan dingin. Meski begitu, ketika Anda telah memotong buah-buahan tersebut, mereka bisa disimpan di dalam lemari es.

Bawang bombai

Cara terbaik untuk menyimpan bawang bombai adalah di dalam kantong kertas dan letakkan di tempat yang sejuk, gelap dan jauh dari kentang.

Selain itu, bawang bombai juga mampu melembutkan dan memberikan aroma bawang pada makanan yang berada di dekatnya. Sementara lemari es akan menghilangkan cita rasa dan aroma serta membuat bawang bombai berjamur.

Saus tomat dan kecap

Berkat cuka dan zat pengawet yang terkandung di dalamnya, saus tomat dan kecap akan baik-baik saja tanpa pendingin, bahkan setelah Anda membukanya.

Minyak

Hampir semua jenis minyak aman disimpan pada suhu ruangan. Jika minyak memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, seperti minyak bunga matahari, maka Anda harus menyimpannya di temppat yang dingin dan gelap seperti di lemari es. Selain itu, minyak yang dibuat dari kacang juga harus Anda simpan di dalam lemari es.

Kopi

Cara menjaga kualitas kopi adalah dengan membungkusnya di dalam wadah kedap udara. Namun, jangan memasukkannya ke dalam kulkas karena akan merusak cita rasanya.

Acar

Acar dibuat dengan melakukan proses pengawetan sehingga mereka akan tetap segar jika disimpan di luar lemari es. 

Kacang dan buah-buahan kering

Tidak perlu mendinginkan mereka. Kacang akan baik-baik saja disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Begitu pula dengan buah-buahan kering karena proses pengeringan yang telah dilalui.

Madu

Suhu dingin akan membuat konsistensi madu menjadi berubah dan mengeras. Oleh karena itu, simpan madu pada suhu ruangan dan hindari dari sinar matahari langsung.

Selai buah dan kacang

Karena kadar zat pengawet yang tinggi pada selai buah dan kacang-kacangan, Anda tak perlu repot-repot menyimpannya di lemari es, bahkan setelah dibuka sekali pun.

Bawang putih

Pendinginan mampu mengurangi cita rasa bawang putih dan mempengaruhinya menjadi tidak tahan lama. Kondisi tempat yang dingin juga mampu menyebabkan jamur berkembangbiak. Untuk itu, simpan bawang putih di dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan gelap.

Sereal

Sereal Anda akan baik-baik saja tanpa disimpan di dalam lemari es. Namun, pastikan Anda menutupnya dengan rapat setiap habis digunakan agar teksturnya tetap renyah dan tidak melempem.

Makanan kaleng

Seluruh makanan kaleng tak perlu disimpan di dalam lemari es. Itu karena mereka telah diproses dan disegel menggunakan mesin sehingga bisa disimpan di luar lemari es hingga tahan lama.