Bentuk Kaki X Rentan Dialami Anak Balita hingga Usia SD

Sejumlah siswa SD saat mengunjungi Museum Migas 3D di Prabumulih.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA â€“ Bentuk kaki anak yang seperti huruf X, tidak saja membuat penampilan terlihat kurang menarik, tapi juga menghambat geraknya. Kebanyakan orangtua belum memahami kapan harus mewaspadai bentuk kaki X pada buah hatinya.

Menjelang usia sekolah, sekitar 4 sampai 6 tahun, biasanya tungkai kaki si kecil membentuk huruf X. "Di usia itu normal bentuk kaki anak seperti X. Karena masih lentur dan tungkai kaki jadi mengarah ke luar," ujar dokter spesialis bedah ortopedi RS Pondok Indah–Bintaro Jaya, dr. Faisal Miraj, Sp.OT., di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tetapi, ibu dan ayah perlu waspada jika perubahan bentuk kaki X berjalan sangat cepat dan berlebihan. "Nanti kakinya lebih luwes lagi di usia 7 tahun ke atas. Waspada kalau bertambah atau menetap dalam waktu beberapa bulan, harus diterapi dengan tepat," kata dia.

Adapun beberapa penyebab kaki X antara lain genetik dan kebiasaan duduk dengan posisi tungkai kaki berbentuk huruf W. Jika tungkai kaki si kecil semakin membentuk X, maka orangtua harus segera membawa si kecil untuk diterapi.

"Knock knee atau tungkai bentuk X akan menghambat aktivitas anak. Segera terapi dengan bantalan pada lengkungan agar bisa buat lututnya lurus. Ini harus dilakukan dokter yang berpengalaman," jelasnya.